0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ditemukan Indonesia, Pil KB Pria Mau Diproduksi AS dan China

(dok.merdeka.com)

Timlo.net – Hasil riset Universitas Airlangga (Unair) Surabaya tentang pil keluarga berencana (KB) untuk pria rencananya diproduksi Amerika Serikat (AS) dan China. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Muhammad Nasir menyayangkan hal itu. Pihaknya akan memfasilitasi universitas agar hasil riset itu bisa diproduksi untuk kepentingan nasional.

Eman (patut disayangkan) kalau begitu (tawaran Tiongkok dipenuhi), nanti saya akan temui asosiasi pengusaha farmasi,” katanya di sela Dies Natalis ke-37 dan wisuda 670 mahasiswa Universitas Sunan Giri (Unsuri) di Surabaya, Sabtu (22/11). Demikian tulis Antara.

Ia mengemukakan hal itu menanggapi sikap China dan Amerika mengincar pil KB pria buatan Farmakognosi Unair Surabaya Prof Dr Bambang Prajogo EW MS Apt, namun pihak Unair hingga kini masih menunggu tindakan pemerintah.

Ditanya sikap pemerintah, mantan rektor terpilih Universitas Diponegoro (Undip) Semarang belum sempat dilantik sudah ditunjuk menjadi menteri itu berjanji melakukan hilirisasi riset untuk mendekatkan peneliti dengan dunia industri.

“Nanti, pertengahan Desember kami akan konsolidasi antara asosiasi pengusaha dengan peneliti. Dari sana, PT akan mendapatkan royalti, maka dari itu saya juga sudah minta para rektor untuk melakukan mapping terkait riset potensial mereka,” katanya.

Ia mengakui selama ini pendidikan tinggi (PT) memang terpisah dari riset, sehingga riset tak berkembang. Karena itu, pihaknya berencana menggabung riset dan PT dalam satu direktorat, yakni Dirjen Pembelajaran Mahasiswa dan Penjaminan Mutu.

“Selain Unair, ada juga hasil riset komponen pesawat buatan anak negeri dari PT Ray yang setara dengan R-80 buatan Boeing dan ditawar oleh Jerman. Kami upayakan agar jangan sampai lepas, tapi mungkin butuh dana besar, nanti kami cari atau bentuk konsorsium,” katanya. [cob]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge