0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puting Beliung Rusakkan 30 Rumah di Gondangrejo

Karanganyar – Sedikitnya 30 rumah warga dan sebuah kandang ayam roboh rata dengan tanah, ketika angin puting beliung menimpa tiga desa di Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Jumat (21/11) pukul 17.30 WIB. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian di taksir mencapai puluhan juta rupiah.

Ketiga desa tersebut masing-masing Desa Krendowahono, Dayu dan Tuban. Salah satu warga di Gondangrejo, Joko , mengatakan kejadiannya menjelang Maghib, sebelumnya terjadi puting beliung desanya diguyur hujan lebat.

Selang beberapa menit kemudian, terjadi puting beliung dari arah utara menuju ke selatan. Puting beliung tersebut menyebabkan puluhan pohon tumbang dan beberapa genting rumah rusak.

“Suara menderu-deru seperti suara pesawat terbang. suasana cukup menegangkan apalagi aliran listrik mati  Hari ini, warga sudah gotong royong membersihkan puing rumah yang rusak,” katanya kepada wartawan, Sabtu (22/11).

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Aji Pratama Heru Kristianto mengatakan Selain merusak 30-an rumah milik warga di tiga desa di Gondangrejo, puting beliung tersebut juga merobohkan satu kandang ayam milik mantan Kepala Desa (Kades) Dayu, Sunaryo. Sehari sebelumnya, puting beliung juga terjadi di Kemiri, Kebakkramat.

“Saya pastikan tidak ada korban jiwa akibat puting beliung, baik yang terjadi di Gondangrejo ataupun di Kebakkramat. Hanya saja, kerugian material mencapai puluhan juta rupiah,” katanya.

Heru mengimbau kepada seluruh masyarakat Karanganyar untuk selalu waspada saat terjadi hujan deras. Selain ancaman puting beliung, di daerah Karanganyar juga berpotensi terjadi bencana tanah longsor dan banjir.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge