0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dwikorita, Rektor Perempuan Pertama di UGM

Prof Dwikorita Karnawati (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Prof Dwikorita Karnawati ditunjuk sebagai Rektor Universitas Gajah Mada (UGM). Menggantikan Pratikno, Dwikorita menjadi rektor wanita pertama di kampus itu.

Ketua MWA UGM, Sofian Effendi menjelaskan, pemilihan Dwikorita sebagai rektor dilakukan dengan musyawarah mufakat. Dari 19 MWA yang hadir, semuanya bersepakat untuk menetapkannya sebagai rektor.

“Kita tidak seseru pemilihan di DPR, kita musyawarah mufakat untuk menetapkan Ibu Dwikorita menjadi rektor. Ini sejarah bagi UGM karena setelah 65 tahun berdiri baru pertama kali mempunyai rektor wanita,” kata Sofian, Sabtu (22/11).

Dalam proses pemilihan rektor tersebut, jelas Sofian, dari lima wakil rektor hanya ada tiga yang memenuhi syarat administrasi untuk menjadi rektor. Dua wakil rektor tidak memenuhi syarat karena usianya sudah di atas 60 tahun.

“Di statuta kita jelas bahwa rektor berusia tidak lebih dari 60 tahun. Sementara dari 3 yang masuk dua lainnya justru mendukung Ibu Dwikorita. Pak Didik mengatakan tidak bersedia mencalonkan karena masih ingin membenahi sistem keuangan, pak Iwan, dia memilih membenahi administrasi dan akademik,” jelasnya.

Sebelum menetapkan Dwikorita sebagai rektor, Majelis Wali Amanat (MWA) telah sebelumnya melakukan wawancara dengan para kandidat terkait dengan pandangan dan komitmen mereka terhadap masa depan UGM.

“Tidak cuma Ibu Dwikorita, semuanya kita interview. Hasil interview itu yang juga kita jadikan bahan pertimbangan untuk menetapkan beliau,” sambungnya.

Rencananya Senin (24/11) akan dilakukan pelantikan Dwikorita sebagai rektor UGM. Dwikorita akan melanjutkan kepemimpinan Pratikno hingga Mei 2017 mendatang.

Nama Dwikorita mulai dikenal publik saat menjadi moderator debat calon presiden dalam Pilpres Juli 2014 lalu. [ren]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge