0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa UMS Ciptakan Mobil Irit BBM

Bayu Surya Urban Vehicle 1, Mobil irit BBM karya mahasiswa UMS (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Sebanyak enam mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil menciptakan mobil irit bahan bakar minyak (BBM), yang bisa menempuh jarak 100 kilometer dengan hanya memerlukan premium sebanyak satu liter.

“Mobil kami beri nama Bayu Surya Urban Vehicle 1,” jelas Manajer Tim Bayu Surya, Muh Fajar Nuh Pratama kepada wartawan, di Kampus
UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (22/11).

Fajar mengatakan, Bayu Surya sebenarnya adalah pengembangan dari mesin sepeda motor, yang pada bagian tertentu di bagian fuel engine merupakan hasil inovasi. Dengan rekayasa di bagian fuel engine, pembakaran bahan bakar lebih maksimal sehingga tidak ada residu.

Menurut Fajar, berdimensi panjang 2,5 meter lebar 1,2 meter dan tinggi 1,2 meter memiliki keunggulan ringan pada bagian bodi yang terbuat dari komposit. Massa bodi mobil tanpa penumpang sekitar 165 kg dan bisa melaju di jalanan dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Dengan kapasitas mesin 80 cc, mobil satu penumpang itu terlihat sangat mini.

“Hal itu untuk mendukung agar mobil makin irit,” ujarnya.

Dalam uji coba itu, Fajar mengakui bahwa keiritan bahan bakar mintak (BBM) tergantung kondisi jalan. Jika jalan rata dan aspal halus, mobil makin irit. Termasuk bobot pengendara juga berpengaruh.

“Kami pernah menjajal ketangguhan mobil irit ke kompetisi Indonesia Energy Motor Challenge (IEMC) 2014,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge