0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Firefox Tinggalkan Google dan Pilih Yahoo

Firefox. (Dok: Timlo.net/ Geek.com.)

Timlo.net—Selama sepuluh tahun terakhir ini, Google telah menjadi pilihan default dalam kotak pencari yang ada di Firefox. Tapi hal ini akan berubah. Mozilla telah mengumumkan bahwa mereka mencampakkan Google dan beralih ke Yahoo dan Yandex. Pada akhirnya, perpindahan ini akan membuat 400 juta pengguna menjauh dari Google.

Pada awalnya, pergantian ini hanya akan mempengaruhi para pengguna Firefox di Amerika Serikat (AS) dan Rusia. Mozilla masih tetap menyediakan pilihan bagi para pengguna mereka. Beberapa layanan pencari lain tetap disediakan di Firefox termasuk DuckDuckGo, Bing, Twitter, Wikipedia, Amazon dan Google.

Kenapa Mozilla memilih mengganti Google? Mozilla dalam pengumuman mereka menyatakan bahwa hal ini merupakan bagian dari strategi baru mereka: sebuah pendekatan lokal dan fleksibel untuk meningkatkan pilihan dan inovasi di internet. Dan tentunya hal ini adalah sebuah cara untuk memperoleh penghasilan baru dari berbagai sumber. Selama satu dekade terakhir ini, Mozilla berjuang untuk menghasilkan uang dari partner mereka selain Google.
468x60 13112013 MOBILETABLET SET8 Samsung Galaxy Note 4 Vs iPhone 6 Plus Vs LG G3

Selain itu ada fakta bahwa Google memiliki browser sendiri yang bersaing dengan Mozilla baik di komputer maupun di ponsel dan tablet. Tapi Yandex dan Baidu juga memiliki browser sendiri. Baidu, mesin pencari di Cina, sudah dipakai sebagai mesin pencari default di Firefox untuk pengguna di Cina selama beberapa tahun. Layanan di Cina itu merilis Baidu Yi mobile OS pada 2011.

Sumber: Geek.com

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge