0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aplikasi Hasil Penelitian Dinilai Masih Kurang

Penelitian di laboratorium (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Asisten Deputi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Masyarakat Kementerian Riset dan Teknologi, Ahmad Dading Gunadi mengakui jumlah aplikasi dari hasil penelitian hingga saat ini masih kurang dari 30 persen.

“Kasus tertentu, terutama di lembaga riset pemerintah mungkin bisa lebih dari itu, tetapi rata-rata dari total penelitian yang dihasilkan memang masih kurang,” jelasnya kepada wartawan, di Solo Techno Park, Jumat (21/11).

Salah satu sebabnya, menurut Ahmad Dading Gunadi lantaran masih banyak peneliti melakukan penelitiannya hanya semata-mata berdasarkan keinginan bukan kebutuhan di masyarakat. Di samping itu masih banyak peneliti belum prospektif.

“Peneliti belum berpikir prospektif apalagi future (masa depan-red), apakah hasil penelitiannya bakal kelak dibutuhkan oleh masyarakat atau yang lain,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Ahmad Dading Gunadi, sebelum melakukan penelitian para peneliti hendaknya mencari tahu apa saja dibutuhkan masyarakat, industri atau lainnya. Sehingga hasil penelitian nantinya bermanfaat dan bisa diaplikasikan.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge