0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UMK Karanganyar Rp 1.266.000, Apindo Kecewa

Demo buruh di Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar —¬†¬†Telah ditetapkannya upah minimum kabupaten (UMK) Karanganyar sebesar Rp 1.226.000 oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang jauh dari angka kebutuhan layak hidup (KHL) yang diajukan Bupati Karanganyar Juliyatmono, sebesar Rp 1.197.500 membuat kecewa pihak Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Karanganyar.

Ketua Apindo Karanganyar Edy P mengatakan, meskipun pihaknya tidak menolak namun kecewa dengan keputusan gubernur tersebut. Menurutnya angka sebesar itu tidak muncul dalam pembahasan dengan serikat pekerja yang difasilitasi oleh pemkab Karanganyar. Dalam pembahasan penetapan angka KHL tersebut telah disepakati sebesar Rp 1.197.500.

“Padahal dengan penetapan angka KHL sebesar itu saja kami sudah berat apalagi dengan kenaikan Rp 28.500, membuat kami tambah berat,” kata Edy saat dihubungi wartawan, Jumat (21/11).
Edy menambahkan dalam aturan memang ada klausul yang memberikan ruang bagi perusahaan yang keberatan dengan penetapan dengan mengajukan penundaan ke Dinas Tenaga Kerja, Namun hal tersebut akan dibicarakan dengan anggota. Pasalnya kemampuan perusahaan yang berbeda-beda membuat kemampuan dalam pembayaran upah juga berbeda.

“Akan kami bicarakan dulu dengan anggota, apakah akan mengajukan keberatan atau tidak,” katanya.

Sementara itu Kepala bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan (Hubin Wasnaker), Joko Wiyono mengatakan selam ini memang belum ada yang mengajukan keberatan, namun jika memang ada perusahaan yang keberatan dengan penetapan UMK tersebut dipersilakan mengajukan penangguhan. Namun hal tersebut harus memenuhi syarat-syarat. Salah satunya adalah laporan pembukuan perusahaan yang diaudit oleh akuntan yang independen.

“Setelah syarat komplit ,nanti akan dicek apakah benar perusahaan itu mampu atau tidak. Dan yang menetapkan juga gubernur,” kata Joko.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge