0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Solo, KMP akan Usung Satu Calon

Sekretaris DPC Gerindra Solo, NR Kurnia Sari (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Setelah Koalisi Merah Putih (KMP) Jawa Tengah dideklarasikan kemarin, partai-partai KMP di Solo siap mengikuti langkah serupa. Namun demikian, kuatnya dominasi PDIP Solo yang merupakan partai Koalisi Indonesia Hebat (KIH) bakal menjadi pertimbangan tersendiri.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Solo, NR Kurnia Sari mengatakan, deklarasi KMP Jateng akan ditindaklanjuti dengan deklarasi KMP di kabupaten/kota. Saat ini pihaknya masih menjalin komunikasi dengan partai-partai KMP untuk mewujudkan deklarasi KMP di Solo.

“Deklarasi KMP Jateng kemarin mengamanatkan untuk ditindaklanjuti deklarasi KMP kabupaten/kota, termasuk tindak lanjut Pilkada. Diharapkan dalam Pilkada langsung nanti, calon dari KMP hanya satu,” kata NR Kurnia Sari kepada wartawan, Jumat (21/11).

Nia, panggilan akrab Kurnia Sari, mengakui, partai peserta KMP yang tidak mengikuti instruksi KMP Jateng akan diberi sanksi. Meskipun demikian, kondisi politik Solo yang berbeda pastinya akan menjadi pertimbangan tersendiri terkait deklarasi KMP di Solo.  “Situasi lokal memang berbeda, pasti akan diperhitungkan,” ujarnya.

Sementara, Sekretaris DPD PKS Solo, Asih Sunjoto Putro mengatakan, jika Pilkada melalui DPRD, deklarasi KMP tidak akan ada gunanya. Hal ini mengingat PDIP sudah menguasai 53 persen kursi DPRD. “Kalau saya, Solo KMP okelah dideklarasikan, kita akan coba berkoordinasi. Tapi tentunya KMP untuk Pilkada langsung. Ya nanti akan kita coba undang partai-partai (KMP) lainnya seperti apa,” bebernya.

Terpisah, Ketua DPD PAN Solo, Umar Hasyim mengatakan perlu strategi khusus jika KMP mengusung calon sendiri dalam Pilkada langsung. Namun, ia mengaku partainya belum menjalin komunikasi intensif dengan partai lain. “Kalau enam partai ini (PAN, PKS, PPP, Gerindra, Demokrat, Golkar) koalisi kemungkinan bisa usung sendiri. Tapi kami belum komunikasi secara detail,” tuturnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge