0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penelitian: Game Farmville Buat Keluarga Tetap Utuh

Farmville. ()

Timlo.net—Jangan takut jika anak Anda bermain Farmville di Facebook dengan saudara atau sepupu mereka. Game ini hanya akan memperkuat ikatan di antara mereka dalam jangka panjang. Penelitian baru menunjukkan bahwa selain menjadi aktivitas menyenangkan untuk mengisi waktu luang, game di jejaring sosial itu bisa menawarkan kepada anggota keluarga sebuah cara yang berarti untuk berinteraksi dan memenuhi kewajiban sosial.

“Interaksi-interaksi ini membuktikan jejaring sosial adalah alat untuk meruntuhkan jarak usia dan komunikasi,” kata peneliti Kelly Boudreau, peneliti dari Concordia University’s Technoculture, Art and Games Centre di Quebec, Kanada.

Untuk penelitian tersebut, Boudreau dan peneliti senior Mia Consalvo, peneliti Kanada yang meneliti game dan desain di Concordia University mengadakan sebuah polling di antara para pemain game di jejaring sosial.

Menggunakan sebuah kuesioner dan wawancara tindak lanjut, para peneliti menjelajahi bagaimana para pemain game berinteraksi dengan anggota keluarga bermain game di jejaring sosial.

Para peneliti menemukan bahwa game online itu menyediakan sebuah topik umum dalam percakapan dan meningkatkan kualitas waktu yang dihabiskan bersama, walaupun faktanya tidak selalu diperlukan komunikasi langsung saat memainkan game online.

Jenis game ini juga membawa anggota keluarga yang terpisah untuk berkomunikasi. Beberapa responden polling menceritakan bagaimana mereka bertemu sepupu yang telah lama hilang kontak atau bibi mereka yang sudah lanjut usia.

“Memelihara hubungan adalah hal yang penting saat anggota keluarga tersebar dalam berbagai negara dan benua. Game di jejaring sosial memberikan keluarga sebuah cara yang murah dan nyaman untuk mengatasi perbedaan geografis,” tambah Consalvo dilansir dari Hindustan Times.

Keluarga yang bermain bersama bermain dalam waktu lebih lama dan memiliki rasa tanggung jawab yang lebih besar terhadap para pemain lain.

Dengan game online seperti Candy Crush Saga semakin menggantikan game tradisional, game jejaring sosial dengan cepat menjadi sebuah cara penting untuk berinteraksi secara sosial.

“Tidak hanya saudara yang berusia 20-an yang menggunakan game jejaring sosial untuk terhubung. Para kakek juga bermain game online bersama cucu perempuan mereka, ibu dengan putera mereka. Interaksi multi generasi membuktikan jejaring sosial adalah alat untuk memecahkan tembok komunikasi dan usia,”kata Boudreau.

Penelitian ini diterbitkan di jurnal Information, Communication and Society.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge