0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peminat Jurusan Teknologi Menurun

Asisten Deputi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Masyarakat Kementerian Riset, Ahmad Dading Gunadi MA (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo —  Asisten Deputi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Masyarakat Kementerian Riset, Ahmad Dading Gunadi MA menyatakan, peminat masuk perguruan tinggi (PT) ke jurusan riset dan teknologi perguruan tinggi, seperti teknologi mesin, teknologi industri dan sebagainya belakangan ini mengalami penurunan dibanding yang memilih jurusan ekonomi, perbankan dan sebagainya.

Calon mahasiswa sekarang ini lebih memilih jurusan yang bisa segera mendapatkan uang sesuai lulus. Sehingga minat untuk menjadi teknokrat menurun,” jelas Dading kepada Timlo.net seusai acara Soft Launching Solo Science Center, di Solo Techno Park, di Solo, Jumat (21/11).

Karena itu, menurut Dading, dengan didirikannya seperti Solo Science Center dan kegiatan serta pameran teknologi dan sebagainya merupakan upaya Kementerian Riset dan Teknologi untuk mendorong usia muda agar berminat mendalami riset dan teknologi. Termasuk minat masyarakat untuk menjadi peneliti meningkat.

“Minat terhadap riset dan teknologi memang harus diperkenalkan sejak usia dini, sehingga teknokrat kita bisa meningkat. Sebab teknologi ke depan bagi kita sangatlah penting,” jelasnya.

Oleh karena itu, kolaborasi antara riset dan teknologi dengan perguruan tinggi akan ditingkatkan. Apalagi di dalam Nawa Citanya Presiden Jokowi, kata Dading, salah satunya sistem inovasi. Sistem inovasi yang menggerakkan semua aktor yang terkait dengan iptek, yakni baik pemerintah, industri didorong, dan masyarakatnya musti diikutsertakan.

“Kolaborasi minimal antara ketiganya itu musti didorong terus menerus,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge