0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tim Cube UMS Raih Indocement Awards 2014

Tim Cube Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo –  Tim Cube Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membawa desain rumah pabrikasi dengan berjudul Bunyannum Amsus dalam kompetisi House Fabricated Competition yang diselenggarakan PT Indocement
di Bogor.

“Bunyanum Amsus yang artinya bangunan yang tersusun kokoh berhasil meraih Indocemet Award 2014, dan mendapat juara 2,” jelas Ketua Tim Wahyu Ahmat Hasan Jaenuri kepada wartawan, di Ruang Humas UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Kamis (20/11).

Karya Bunyanum Amsus yang merupakan desain rumah pabrikasi, menurut Wahyu, merupakan hasil karya kelompok yang terdiri dari Wahyu Ahmat Hasan  Jaenuri dari Fakultas Teknik Sipil angkatan tahun 2011 sebagai ketua, dan anggota masing-masing Harun Muhammad dari Fakultas Teknik Sipil angkatan tahun 2011, Al Janatul Alma dari Fakultas Teknik Sipil angkatan tahun 2012 dan Dian Purwanto dari Fakultas Arsitektur  angkatan tahun 2011.

“Dosen pembimbingnya adalah Muhammad Ujianto ST MT,” jelasnya.

Wahyu mengatakan, kompetisi desain rumah fabrikasi sebenarnya diikuti sebanyak 90-an karya mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi negeri dan swasta se Indonesia, yang kemudian diseleksi hingga 39 karya. Seleksi selanjutnya tinggal delapan finalis.

Menurut Wahyu, Bunyanum Amsus memakai desain bangunan tipe 36, dengan bahan dasar beton dan papan GRC atau papan semen. Kerangka atap memakai baja ringan. Total menghabiskan beaya sekitar Rp 70 juta.

Bunyanum Amsus memiliki inovasi dalam hal sambungan struktur. Rumah yang sudah ada biasanya menggunakan sambungan basah atau semen, sementara kami menggunakan sambungan baut. Sistem ini membuat konstruksi lebih cepat dan lebih mudah dibongkar pasang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge