0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Datangi DPU, Kades se-Kecamatan Pedan Keluhkan Sampah

(Ilustrasi) tumpukan sampah di pinggir jalan (dok.timlo.net/red)

Klaten – Sebanyak 14 Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Pedan dengan didampingi camat setempat Wahyuni Sri Rahayu mendatangi Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Klaten, Kamis (20/11). Mereka mengeluhkan permasalahan sampah liar di wilayah Pedan sudah mengkhawatirkan.

“Berbagai cara telah kami tempuh, namun kami masih saja menemukan sampah liar yang bertebaran di Pedan, maka kami mengadu ke DPU ESDM Klaten untuk dapat membantu membuatkan tempat pembuangan sampah (TPS),” ungkap Camat Pedan, Wahyuni Sri Rahayu, Kamis (20/11).

Menurut Wahyuni, persoalan sampah di Kecamatan Pedan sudah sangat memrihatinkan. Selain kebiasaan buruk warga membuang sampah sembarangan, pengelolaan sampah juga tidak dilakukan dengan baik.

“Ditambah lagi dengan ditutupnya TPA (tempat pembuangan sampah akhir) di Troketon dan Keden. Warga menjadi kebingungan membuang sampah rumah tangga mereka. Akhirnya mereka menaruhnya berada di sisi jalan tanpa ada pengolahan,” imbuhnya.

Realita itu dibenarkan Kades Keden, Supartoyo. Ia mengatakan, persoalan sampah di Pedan harus segera mendapat penanganan.

“Jika dibiarkan berlarut-larut, timbunan sampah liar semakin tak terkendali. Ini sudah mendesak dan harus segera diatasi,” katanya.

Menanggapi keluhan Kades, Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan DPU ESDM Klaten, Juwito,  berjanji segera merealisasikan TPS. Ia meminta pihak desa menyiapkan lahan hendak digunakan sebagai TPS.

“Sebagai langkah awal, ada tujuh lokasi yang akan dijadikan sebagai TPS. Dua diantaranya sudah disiapkan. Namun demikian, kami sangat membutuhkan kerjasama dari pihak desa,” jelas Juwito.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge