0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tarif Angkutan Umum di Wonogiri Naik 30%

Angkutan (Ilustrasi) (Dok.Timlo.net/ Nanin.)

Wonogiri – Tarif angkutan umum di Wonogiri mengalami kenaikan sebagai imbas kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, awal pekan ini, Besarnya kenaikan tarif disepakati sebesar 30 persen dari semula.

Namun, kesepakatan ini hanya berlaku bagi angkutan perkotaan dan pedesaan, sementara untuk angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP) masih menunggu kebijakan provinsi dan pusat.

Dewan Pimpinan Cabang Organisasi Angkutan Darat (DPC Organda) Wonogiri telah melaksanakan pembahasan dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) setempat, Kamis (20/11).

Pembahasan memfokuskan pada kenaikan tarif angkutan umum untuk menyesuaikan harga baru BBM. Disepakati kenaikan tarif sebesar 21 persen untuk angkutan perkotaan dan 30 persen untuk angkutan pedesaan.

“Kami sepakat bersama dinas untuk menaikkan tarif angkutan umum karena permintaan subsidi BBM angkutan umum ke pemerintah pusat tidak disetujui,” ungkap Ketua DPC Organda Wonogiri, Edi Purwanto.

Kenaikan tarif semula berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 313 Tahun 2013 tentang tarif angkutan. Semula untuk angkutan kota tarifnya Rp 2300 bagi masyarakat umum dan bagi pelajar serta mahasiswa berlaku separuhnya, lalu kini menjadi Rp 3000.

Sedangkan angkutan perdesaan dihitung perpenumpang perkilometer. Ada batasannya, yakni batas atas bagi masyarakat umum Rp 167 perpenumpang/kilometer, bagi pelajar dan mahasiswa separuhnya.

Kemudian batas bawah bagi masyarakat umum Rp 103 perpenumpang/kilometer, pelajar dan mahasiswa dikenakan tarif 50 persen. Saat sekarang batas atas menjadi Rp 200 perpenumpang/kilometer dan batas bawah Rp 130 perpenumpang/kilometer.

Kepala Dishubkominfo Wonogiri, Ismiyanto, mengatakan ternyata kebijakan pusat tidak mengakomodasi adanya subsidi BBM bagi angkutan umum. Disamping itu, kondisi usaha angkutan sendiri sangat mendesak tarif naik.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge