0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kelangkaan Pupuk di Wonogiri Ulah Spekulan?

Ilustrasi pupuk (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Menanggapi adanya keluhan sejumlah petani terkait kelangkaan pupuk bersubsidi jenis Urea dan Phonska di pasaran, pihak dinas terkait mengatakan bahwa kuota pupuk bersubsidi sangat memadai dan mencukupi hingga beberapa bulan ke depan. Sedangkan kalangan petani menilai kelangkaan pupuk akibat ulah spekulan yang tidak bertanggung jawab.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari  Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dispertan TPH) Kabupaten Wonogiri, alokasi pupuk bersubsidi tahun 2014 sudah ditambah.

Pupuk Urea yang semula hanya dialokasikan 24.682 ton, kini ditambah menjadi 34.182 ton. Pupuk SP36 yang semula hanya dialokasikan 5.566 ton, kini ditambah menjadi 6.489 ton.Pupuk ZA yang semula hanya dialokasikan 4.305 ton, kini ditambah menjadi 6.141 ton. Pupuk NPK yang semula hanya dialokasikan 15.207 ton, kini ditambah menjadi 20.074 ton. Adapun pupuk Phonska yang semula hanya dialokasikan 7.137 ton, kini ditambah menjadi 15.193 ton.

Sementara itu, dijumpai di tempat kerjanya, Kepala Gudang PT Petrokimia Gresik Cabang Wonogiri, Saiful menegaskan stok pupuk bersubsidi jenis Phonska mencukupi atau aman. Dalam satu bulan, rata-rata jenis Phonska, menerima kiriman 1000 ton dari pabrik. Sedang pupuk SP36 dan ZA mendapat setoran 300-ton dan pupuk bersubsidi organik disetori 150 ton.

Saat ditanya penyebab terjadinya kelangkaan di tangan petani, Saiful menyebutkan kemungkinan lantaran surat order (DO) pupuk dari penjual masih dalam perjalanan. Sehingga belum sampai ke tangan petani.

Dihubungi terpisah,Kepala Gudang Pusri Wonogiri Yanu Widayat juga mengatakan hingga sampai saat ini persediaan pupuk Urea digudangnya aman.

“Saat ini stok kami mencapai 700 ton. Jika ada permintaan tambahan,kami akan segera mengajukan penambahan ke pusat,” katanya.

Caption:stock pupuk di Gudang Pusri aman

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge