0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Makanan sehat. (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Merasa berat untuk mengganti menu makanan atau berpantang makanan tertentu untuk menurunkan berat badan? Atau merasa berat bila harus mengurangi makanan yang Anda makan? Ternyata hanya dengan mengubah jam makan bisa membuat proses menurunkan berat badan lebih mudah.

“Waktu makan sangat penting berkaitan dengan pengontrolan berat badan,” kata ahli diet Jaime Mass, R.D., presiden Jaime Mass Nutritionals. “Orang seringkali percaya pada prinsip ‘makan lebih sedikit dan turunkan berat badan,’ tapi hal ini tidak selalu bekerja. Anda perlu memberi tubuh asupan energi sepanjang hari bila ingin menurunkan berat badan,” tambahnya dilansir dari Women’s Health.

Pertama, Anda perlu memahami tentang cara tubuh membakar lemak. Untuk membuat tubuh membakar lemak tidak hanya perlu bagi kita untuk mengurangi kalori. Berapa banyak berat badan yang kita kurangi juga tergantung dari gula darah, sensitivitas insulin, metabolisme dan campuran antara hormon lapar dan kenyang yang mengalir di dalam tubuh. Apa yang mempengaruhi faktor-faktor ini? Waktu kita makan.

Oleh karena itu, sarapan adalah hal yang penting. Setelah tidur selama tujuh hingga delapan jam sepanjang malam dan tidak makan, tubuh kekurangan gula darah dan menggunakan karbohidrat di dalam tubuh yang disebut glikogen. Mass menyarankan supaya kita makan dalam waktu satu jam setelah kita bangun. Hingga kita makan, tubuh menganggap bahwa kita kekurangan persediaan kalori dan perlu menghemat energi yang dimilikinya. Metabolisme tubuh berhenti. Oleh karena itu bila kita tidak sarapan, metabolisme tubuh justru tidak membakar lemak atau kalori. Bila Anda tidak suka sarapan, Anda bisa makan sebuah pisang ditambah segelas susu.

Setelah sarapan, makanlah setiap tiga atau empat jam untuk mencegah insulin naik. Bila insulin naik, gula darah akan langsung menuju sel lemak dan membuat metabolisme berada di mode kelaparan, kata Mass.

Selain itu, seberapa sering Anda makan protein juga mempengaruhi berapa banyak otot yang dibangun tubuh, yang pada akhirnya meningkatkan metabolisme tubuh. Sebagai contohnya, untuk membuat tubuh langsing, Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan makan 20 hingga 30 gram protein berkualitas tinggi setelah berolahraga dan setiap empat jam setelah Anda bangun.

Bila Anda mengikuti aturan ini, tidak hanya metabolisme tubuh Anda naik, gula darah terjaga dan tubuh tidak menyimpan lemak, tapi kita juga lebih jarang merasa ingin ngemil di malam hari dan makan berlebih.

Peneliti menunjukkan bahwa kebanyakan wanita mengkonsumsi setengah dari asupan kalori harian mereka saat makan malam. Hal ini dikarenakan mereka berpantang makan dari pagi, sehingga saat makan malam mereka mengkonsumsi setengah dari total kalori yang biasanya mereka makan dalam sehari. Pada akhirnya mereka tidak mengurangi asupan kalori mereka sama sekali. Hal ini bisa kita cegah dengan makan setiap tiga atau empat jam dengan porsi makan sedikit.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge