0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Antisipasi Banjir, Longsor & Puting Beliung

BPBD Karanganyar Siapkan 3 Posko Tanggap Darurat

Posko Tanggap Darurat Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Cuaca ekstrim melanda sebagian besar wilayah Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Karanganyar. Hal itu mendorong Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar bergerak cepat dengan menyiapkan berbagai kebutuhan termasuk menyiapkan tiga poska tanggap darurat jika sewaktu-waktu terjadi bencana

Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar Aji Pratama Heru K mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan pendirian tiga posko tanggap darurat banjir di Kantor Desa Waru, Kebakkramat; posko tanggap darurat tanah longsor di Makoramil Matesih; dan posko tanggap darurat angin puting beliung di kantor BPBD Karanganyar yang terletak di Karanganyar Kota. Heru memastikan seluruh keperluan logistik dan relawan siap di tiap posko.

“Tiga posko kami siapkan untuk tanggap darurat bencana, masing-masing punya fungsi berbeda tergantung bencana alam yang terjadi,” jelas Aji Pratama Heru kepada wartawan, di Karanganyar, Kamis (20/11)

Ditambahkan, penempatan tiga posko di sentra rawan bencana tersebut didukung aparat pemangku wilayah, misalnya pemerintah desa, kecamatan, hingga TNI dan Polri serta relawan. Dia meyakini suplai logistik dan peralatan evakuasi ke tiga posko mencukupi.

Terkait pernyataan resmi siaga darurat bencana dari bupati, lanjut Heru, hal itu dibutuhkannya untuk memohon dukungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam berbagai materi. Misalnya personel, pendanaan maupun logistik dan sarana prasarana.

“Protap siaga darurat bencana alam akan efektif berlaku mulai Desember 2014 sampai Februari 2015. Sesuai informasi dari BMKG, tiga bulan itu diprediksi puncak curah hujan, banjir dan puting beliung,” kata Heru.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge