0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Curi Motor Saat Upacara, Siswa SMP Ditangkap

Ilustrasi kriminal (dok.merdeka.com)

Karanganyar – KBP (14) siswa kelas VII salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Karangpandan ditangkap aparat kepolisian sektor Karangpandan karena kedapatan mencuri sepeda motor di sekolahnya. KBP beraksi saat seluruh siswa dan guru mengikuti upacara bendera di halaman sekolah.

Kapolsek Karangpandan, AKP Heri Ekanto menjelaskan, saat seluruh siswa dan guru mengikuti upacara di halaman sekolah, tersangka melancarkan aksinya. Ia melarikan sepeda motor Honda Revo bernomor polisi AD 6575 QF menggunakan kunci palsu sudah disiapkan.

”Tidak berhasil mbandrek kunci, tersangka menuntun hasil curiannya ke luar sekolah lewat pintu belakang,” katanya.

AKP Heri Ekanto menambahkan, tersangka kemudian meminta temannya di bengkel untuk membobol kunci agar bisa menghidupkan mesin, sekaligus memreteli pelat nomor dan mengecat body motor untuk menyamarkan,

“Setelah motornya hidup, tersangka sempat beberapa kali kembali ke sekolah menjemput temannya,” terang dia.

Merasa sudah aman, tambah AKP Heri Ekanto, dia memarkirkan sepeda motor korban di salah satu tempat game. Tak disangka korban bernama Indah, tak lain kakak kelasnya sendiri mengenali sepeda motornya sempat hilang itu.

”Korban kemudian melapor ke Mapolsek, sedangkan tersangka ditangkap bersama barang bukti sepeda motor hasil curian,” jelasnya.

Di hadapan penyidik, tersangka mengakui perbuatanya. Dia nekat mencuri karena sudah tidak sabar ingin memiliki motor sendiri.

”Orang tuanya menjanjikan akan dibelikan sepeda motor saat kelas VIII, tapi karena nggak sabar akhirnya nekat mencuri,” tandas Kapolsek.

Atas perbuatannya, KBP dijerat pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian disertai Pemberatan. Ancaman hukuman diterimanya kurungan penjara maksimal lima tahun.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge