0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Logo HUT Karanganyar Jiplak Desain Sea Games?

Logo HUT ke-97 Karanganyar sangat mirip dengan logo pesta olah raga Asia Tenggara Sea Games ke-26 di Palembang 2011 silam ()

Karanganyar – Logo hari ulang tahun (HUT) ke-97 Karanganyar diketahui sangat mirip dengan salah satu dari sepuluh desain logo pesta olah raga Asia Tenggara Sea Games ke-26 di Palembang 2011 silam. Logo didominasi warna biru itu berbentuk burung Garuda lambang Negara Indonesia.

Saat kedua logo disandingkan tampak sekali kemiripannya, hanya dalam desain logo Sea Games terdapat rantai berjumlah sepuluh melambangkan jumlah negara di Asia Tenggara peserta pesta olah raga Asia Tenggara itu. Sedangkan dalam logo HUT ke-97 Karanganyar gambar rantai dihilangkan diganti logo Kabupaten Karanganyar.

Salah seorang warga Papahan, Karanganyar , Suprapto menyesalkan adanya kemiripan dan bahkan cenderung menjiplak desain logo Sea Games, Palembang. Menurutnya, pembuatan logo itu terkesan asal-asalan tanpa didasari arti dan makna.

“Suatu logo harus ada arti dan makna yang bagus sesuai harapannya. Misal ada gambar padi dan kapas harapannya berkecukupan pangan dan sandang,” jelasnya.

Suprapto menambahkan dalam logo Sea Games tentu dirancang dengan makna dan arti tertentu sesuai harapan. Sepengetahuannya filosofi logo itu adalah “Garuda Terbang di atas Alam Indonesia”. Dirinya justru mempertanyakan filosofi dan makna logo HUT ke-97 Karanganyar, apakah sama dengan logo Sea Games atau mempunyai makna lain.

“Kalau kogonya mirip apa maknanya juga sama, padahal kegiatannya kan berbeda,” kata Suprapto dengan nada tanya.

Warga Karanganyar lain, Subagyo, menyayangkan kecerobohan pemerintah Kabupaten Karanganyar, sehingga terjadi kemiripan logo. Menurutnya hal itu sangat memalukan karena logo terpasang di baliho, spanduk di lokasi strategis.

“Ini kan memalukan, penduduk Karanganyar yang ribuan apakah tidak ada desainer yang bisa membuat logo yang bagus tanpa menjiplak,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar, Nunung Susanto, saat dimintai konfirmasi masalah ini mempersilakan wartawan untuk langsung ke Bupati Karanganyar Juliyatmono. Namun saat dikonfirmasi, telepon genggamnya tidak aktif.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge