0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

100 Kelompok Usaha di Sragen Dapat Bantuan Domba

Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman saat menyerahkan secara simbolis bantuan domba kepada kelompok usaha bersama (Kube) di Kantor Bapelluh Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Sebanyak 100 Kelompok Usaha Bersama (Kube) menerima bantuan sosial berupa ternak domba dengan total bantuan sebesar Rp 1,3 miliar dari Pemkab Sragen. Setiap Kube terdiri 10 orang masing-masing menerima Rp 1,3 juta.

Bantuan tersebut dialokasikan untuk 5 kecamatan, yaitu Sidoharjo, Masaran, Tanon dan Sukodono. Masing-masing kecamatan dibagikan kepada 4 desa, dan setiap desa terdapat 5 kelompok yang terdiri dari 10 orang per kelompok.

Plt Kepala Bappeluh Kabupaten Sragen,  Muhammad Djazairi menjelaskan, keberhasilan beternak Kube akan memberikan manfaat bagi kelompoknya maupun perseorangan. “100 Kube yang berhasil, kemudian akan dibagikan kepada kelompok sebesar 20% dari hasil usaha dan 80% untuk dirinya. Jadi, kelompok bisa tetap hidup dan kesejahteraan masing-masing peternak bisa terwujud,” jelasnya, Rabu (19/11).

Sementara Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman mengatakan, pemberian Bansos merupakan tanda tresno pemerintah terhadap rakyat yang ingin memulai usaha bersama dalam beternak domba.

“Seperti yang diserukan Pemkab Sragen berlomba memberikan kebaikan, pemberian bansos ini merupakan tahap untuk menyejahterakan rakyat. Sehingga jika nanti kelompok ini hidup, tahun depan akan kami tingkatkan jumlah bantuan tersebut,” tegas Bupati Agus.

Bupati Agus mengharapkan, para penyuluh peternak agar membina Kube dengan sebaik-baiknya, sehingga mereka bisa merasakan manfaat dari bansos dengan terwujudnya keberhasilan ternak mereka. Keberhasilan mereka juga harus
berdampak kepada tetangga sekelilingnya yang miskin dengan membela kepentingan mereka.

“Bagi para penyuluh, tolong dibimbing dengan baik sehingga setiap Kube bisa tetap hidup dan membawa kabar baik tahun depan ketika diadakan evaluasi terhadap bantuan ternak domba ini,” katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge