0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Diminta Lebih Progresif Berantas Mafia Migas

Rieke Diah Pitaloka (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Politikus PDIP, Rieke Diah Pitaloka meminta pemerintah lebih progresif memberantas mafia migas di tubuh Pertamina. Sebelumnya, ia begitu frontal menolak keras kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Saya tidak lagi bicara dalam posisi menolak atau mendukung kenaikan BBM. Tidak bisa pengelolaan energi hanya ramai saat keputusan BBM naik atau tidak, ke depan ada langkah progresif yang kita tunggu,” ujar Rieke di Gedung DPR, Rabu (19/11).

Rieke melihat pemberantasan mafia migas tak hanya cukup pada pembubaran Petral saja. Menurut dia, di tubuh Pertamina sendiri masih banyak indikasi persekongkolan swasta untuk menggerogoti uang negara.

“Bukan bicara hanya bubarkan Petral dan sebagainya, ada permainannya. Kalau kita mau jujur kesepakatan momen, perbaiki merevolusi mental tubuh Pertamina itu sendiri,” tegas dia.

Rieke mengaku punya data tentang banyaknya perusahaan swasta yang menjadi anak perusahaan Pertamina. Padahal, UUD ’45 pasal 33 jelas bahwa seluruh kekayaan alam dikelola untuk kepentingan rakyat.

“Saya bisa mengatakan dengan bukti yang Pertamina, BUMN mulai dibikin keropos di dalam anak perusahaannya, ada swasta murni, dengan alasan vendor ini itu. Saya punya bukti data berapa perusahaan yang ada dalam tubuh Pertamina,” kata Rieke.

Rieke mengindikasikan ada oknum-oknum dari petinggi BUMN atau Pertamina yang sengaja bermain menggerogoti uang negara dengan cara membuat anak perusahaan swasta di Pertamina. Akan tetapi, Rieke tak mau mengungkap siapa oknum-oknum tersebut.

“Siapa pemilik saham, apa ada permainan petinggi di Pertamina atau pensiunan pertamina sendiri, ini PR besar bukan hanya benahi Pertamina tapi keseluruhan BUMN,” pungkasnya. [ren]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge