0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Akhir Tahun, Obyek Wisata di Solo Ramai

Obyek wisata Pura Mangkunegaran Solo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Mendekati libur akhir tahun, sejumlah obyek wisata di Kota Solo mulai kebanjiran pengunjung, termasuk wisatawan mancanegara.

Anggota Staf Pariwisata Pura Mangkunegaran Joko Pramudya mengatakan, sudah menjadi rutinitas jika mendekati akhir tahun trafik pengunjung selalu mengalami peningkatan. “Untuk saat ini justru wisatawan didominasi dari domestik.  Mereka berasal dari luar Pulau Jawa, seperti Bali, Lombok, Medan, Padang, Riau dan Makassar,” jelasnya kepada Timlo.net. saat ditemui di kantornya, Selasa (18/11)

Ia menuturkan, khusus untuk wisatawan asing kini mengalami penurunan mengingat di kawasan Eropa memasuki musim dingin sehingga jarang yang melakukan aktivitas di luar atau bepergian. “Untuk wisatawan asing, biasanya yang masih tetap berkunjung berasal dari negara seperti Malaysia, Singapura dan Jepang atau negara Asia lain. Sebab mereka cenderung tidak terkendala dengan cuaca,” paparnya.

Untuk menaikkan jumlah pengunjung, pihaknya mengaku telah bekerjasama dengan sejumlah biro wisata dan perjalanan dari wilayah lain. Di mana mereka menawarkan paket perjalanan wisata, dengan Pura Mangkunegaran sebagai salah satu tujuan utamanya.

“Sedangkan untuk harga tiket, wisatawan Nusantara sebesar Rp 10 ribu dan wisatawan asing Rp 18 ribu. Tingkat kunjungan sendiri tidak dapat diprediksi setiap harinya, karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti kondisi politik dalam negeri misalnya bagi wisatawan asing sangat berpengaruh,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge