0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

AKLI Siap Hadapi MEA 2015

Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di The Sunan Hotel Solo. (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di The Sunan Hotel  Solo. Acara tersebut diikuti kurang lebih 33 Dewan Pengurus Daerah (DPD) seluruh Indonesia.

Ketua Panitia sekaligus Wakil Sekertaris Dewan Pengurus Pusat AKLI, Kuswan Hasan mengatakan, Rakernas  adalah program rutin dari untuk mengevaluasi Dewan Pengurus. “Rakernas adalah amanat dari kontitusi organisasi atau AD/ART. Dalam satu periode kepengurusan minimal harus menggelar dua kali,”ungkapnya kepada wartawan saat ditemui seusai pembukaan Rakernas, Selasa (18/11) malam.

Ia menuturkan, dalam Rakernas kali ini pihaknya mengambil tema “Kesiapan AKLI Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015”. Hal itu karena dalam MEAmembutuhkan kesiapan dari segala sektor agar mampu bersaing dengan negara lain.

“MEA menuntut kita untuk bisa melakukan inovasi, mengingat persaingan yang akan terjadi semakin ketat dan jangan sampai karena kegagapan kita dalam bersikap justru akan menjadikan kita kuli di negeri sendiri,” ujarnya.

Beberapa hal yang akan menjadi bahan kajian dalam Rakernas, Kaswan menyampaikan perlu adanya kesolidan serta peningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dari setiap anggota AKLI. “Karena AKLI ini kan yang dijual adalah jasa, sehingga jika kita tidak mampu tentunya akan ketinggalan. Sementara ASEAN sendiri sudah ada kesepakatan terkait standar yang digunakan dalam hal jasa pemasangan listrik maupun sarana dan prasarananya,” ungkapnya.

Terkait dengan akan diberlakukanya MEA 2015, dirinya melihat sebagi peluang serta sebagai tantangan. Adapun peluangnya segmentasi pasar yang terbuka lebar. Sedangkan tantanganya harus mampu bersaingan dengan negara lain yang sudah lebih maju seperti Malaysia dan Singapura.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge