0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buka 24 Jam, Pasar Wedi Dikepung 2 Toko Berjejaring

(Dok. Timlo.net/Aditya)

Klaten – Di tengah megahnya bangunan Pasar Wedi, bercokol dua toko modern berjejaring berjarak tak kurang dari selemparan batu. Tak hanya jaraknya dekat, kedua toko berjejaring itu juga membuka pelayanan hingga 24 jam nonstop.

Menurut pengakuan Dani Prakasa (25), warga Rogogalan, Gadungan, Wedi, kedua toko modern dimaksud telah berdiri sebelum pasar senilai Rp 16 miliar lebih itu dibangun. Aktivitas pelayanannyapun buka 24 jam. Meski tak ada orang protes, menurutnya kedua toko itu mengancam keberadaan toko kelontong di sekitar Pasar Wedi.

“Iseng-iseng saya menelusuri via Google, ternyata ada Perda Nomor 12 Tahun 2011 yang mengatur tentang jarak dan jam operasional toko berjejaring, tapi mau bagaimana lagi, lha wong tidak ada warga atau pemilik toko kelontong yang protes. Apalagi melek Perda,” ujar mahasiswa semester akhir di sebuah universitas swasta di Yogyakarta itu, Senin (18/11).

Sementara salah seorang pedagang toko kelontong di sekitar Pasar Wedi, Basuki (53), warga Krangkungan, Pandes, Wedi, mengaku tak tahu kalau ada Perda mengatur keberadaan dan jam operasional pelayanan toko berjaring. Ia mengungkapkan, para pembeli memang cenderung berbelanja di toko modern ketimbang di kiosnya.

“Dengan ruangan ber-AC dan penampilan karyawannya yang masih muda dan rapi, siapa yang tidak tertarik berbelanja di toko modern. Kalau pelanggan saya rata-rata para pedagang kuliner malam di pasar. Biasanya belinya eceran dan bisa ngutang,” kata Basuki, sehari-hari membuka toko kelontong dan telah berjualan kurang lebih 20 tahun di kios Pasar Wedi.

Penelusuran Timlo.net, Perda Kabupaten Klaten 12/2011 berbunyi, penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern, jam buka toko berjejaring hanya sampai 23.00 WIB untuk Senin hingga Jumat. Pukul 00.00 WIB pada akhir pekan dan pukul 02.00 WIB jika bertepatan dengan libur nasional atau keagamaan.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge