0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anak-Anak Belajar Lalulintas di Dalam Bus

Anak-anak belajar berlalulintas di atas Bus Zebra Cendekia (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Ada pemandangan lain di Lapangan Bhayangkari Polres Sragen, Selasa (18/11) pagi. Puluhan anak Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) memenuhi lapangan bersama orangtua mereka. Sebagian dari anak-anak itu memakai baju atau seragam polisi lengkap dengan pangkat dan asesoris seperti layaknya polisi. Sebagian yang lain siap dengan meja kecil dan buku gambar beserta pensil warna-warni.

Tidak hanya itu, di lapangan tersebut juga terdapat dua buah bus besar bertuliskan ‘Saya Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas’. Itulah sekilas gambaran acara Road Show Lalulintas, Pengenalan Usia Dini tentang Berlalulintas yang digelar Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah bersama Polres Sragen.

Kapolres Sragen AKBP Dwi Tunggal Jaladri di sela-sela acara road show mengatakan, tujuan dari dilaksanakannya acara tersebut adalah untuk memberi pemahaman kepada anak usia dini akan keselamatan berlalu lintas. Menurut Kapolres, pendidikan lalu lintas merupakan investasi keluarga untuk anak-anak hingga mereka memasuki usia dewasa. Bahkan investasi untuk anak-anak akan pentingnya keselamatan sudah dihitung sejak anak dalam kandungan.

“Pendidikan lalu lintas adalah investasi keluarga kepada anak-anak. Dari mengandung sampai sekolah SMA, itu pernah dikalkulasi (biayanya) sampai Rp 1,5 miliar. Kalau kita tidak menjaga anak dengan baik maka akan sia-sia,” ujarnya.

Kapolres menambahkan, sering terjadinya kecelakaan di jalan salah satunya disebabkan karena kurangnya berpendidikan berlalulintas. Untuk itu pihaknya tidak akan lelah untuk selalu menggelorakan tentang pendidikan itu.

“Kita harus menggelorakan pendidikan berlalulintas ini sejak anak usia dini sampai dewasa,” ujar Kapolres.

Sementara itu di dalam bus yang disebut Bus Zebra Cendikia terdapat beberapa laptop dan peralatan simulasi lalulintas khusus untuk anak-anak. Di dalam bus tersebut anak bisa mengenal tentang berbagai pelajaran lalulintas yang dikemas dalam game atau permainan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge