0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi Minta Sikat Illegal Fishing

Presiden Jokowi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyayangkan maraknya praktek illegal fisihing di perairan Indonesia. Dia meminta Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti untuk menindak tegas pelaku.

“Saya sampaikan kemarin, sudahlah enggak sudah tangkap-tangkapan. Langsung tenggelamkan 10 atau 20 baru nanti mikir,” kata Jokowi di Istana Negara, Selasa (18/11).

Tapi Jokowi memberi catatan. Sebelum kapal ditenggelamkan, terlebih dahulu tangkap dan selamatkan nelayannya.

“Tapi orangnya diselamatkan dulu. Nanti jadi rame kalau sama negara lain. Tenggelamkan 100 biar nanti yang lain mikir. Kalau enggak kayak gitu ya kekayaan kita habis,” tegasnya.

Setiap tahun Indonesia setidaknya kehilangan penghasilan Rp 300 triliun dari kasus illegal fishing ini. Kehilangan yang sangat besar juga diderita Indonesia dari kasus illegal logging dan eksplorasi minyak ilegal.

Sebelumnya Jokowi bercerita, dirinya mendapat laporan dari Menteri Susi yang berhasil menangkap empat kapal illegal fishing. Jokowi tidak puas, karena kalkulasinya ada ribuan kapal mencuri kekayaan bahari Indonesia.

Jokowi meminta Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Laut untuk menindak tegas kapal pencuri ikan yang berbendera asing. [cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge