0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Demokrat Pertanyakan Kebijakan Jokowi Naikkan Harga BBM

()

Timlo.net – Partai Demokrat mempertanyakan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Kompensasi sebagai dampak kenaikan BBM diklaim harus rasional.

“Sungguh ini pilihan sulit dan akan menggerogoti kepercayaan rakyat yang menganggap Jokowi sebagai penyelamat rakyat kecil,” kata Politisi Partai Demokrat, Farhan Effendy di kompleks parlemen, Selasa (18/11).

Segala bentuk kompensasi dari kenaikan harga BBM harus dijelaskan rasionalitasnya oleh pemerintah kepada DPR. Jika pemerintah mangkir, maka akan terjadi gonjang-ganjing politik.

“Jika dana itu (kompensasi kenaikan BBM-red) diambil dari APBN, maka pemerintah wajib menjelaskan kepada DPR sebagai bentuk pertanggungjawabannya. Jika tidak, maka akan terjadi kekisruhan menyeluruh, baik di tingkat massa, karena kesulitan hidup dan di tingkat penyelenggara negara yang tidak menjalankan prosedur kebijakan,” terangnya.

Dia mengakui kebijakan menaikkan harga BBM adalah kewenangan pemerintah. Namun, pemerintah harus berani bertanggungjawab kepada rakyat.

“Memang, menaikkan BBM adalah wewenang pemerintah, tetapi pemerintah wajib menjelaskan kepada rakyat mengapa harga BBM dinaikan,” pungkas dia. [dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge