0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

97 Tumpeng Warnai Malam Tirakatan HUT Karanganyar

Malam tirakatan HUT ke-97 Kabupaten Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Sebanyak 97 tumpeng digelar dalam malam tirakatan menyambut hari ulang tahun (HUT) Karanganyar ke-97, Senin (17/11) malam. Acara yang digelar di pelataran alun-alun tersebut dihadiri Muspida  dan seluruh pejabat yang ada di lingkungan pemerintah kabupaten Karanganyar. Tak ketinggalan ribuan masyarakat tumplek bleg di alun-alun yang tengah direnovasi ini.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Karanganyar, Nunung Susanto, 97 tumpeng melambangkan usia Kabupaten Karanganyar . Disamping itu ada satu tumpeng raksasa dengan tinggi 97 centimeter yang
dipotong bupati pada puncak perayaan.

“Ini pesta rakyat, usai acara tumpeng bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Karanganyar dengan makan bersama dengan Muspida dan pejabat,” terangnya.

Dalam sambutannya. Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan tirakatan ini  merupakan refleksi diri untuk mengetahui apa yang telah diperbuat untuk Karanganyar. Selain itu merupakan wujud rasa syukur warga Karanganyar  atas pemberian Tuhan Yang Maha Esa kepada warga Karanganyar selama ini.

“Dalam tirakatan ini hendaknya kita tanya pada diri kita sendiri apakah yang sudah di perbuat untuk kemajuan Karanganyar,” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengajak seluruh warga Karanganyar untuk bersama-sama bekerja keras memajukan Karanganyar. Seluruh potensi  yang ada di Karanganyar harus digali untuk kemakmuran warga Karanganyar. “Seluruh potensi yang ada harus dimaksimalkan untuk kesejahteraan warga,” jelasnya.

Dalam kesempatannya itu juga dilakukan pengumuman dan penyerahan hadiah berbagai lomba yang diadakan dalam rangka menyambut HUT Karanganyar.

Di sisi lain, tirakatan juga dilakukan hingga ke tingkat paling bawah yakni di lingkungan Rukun Tetangga (RT). Salah satu Ketua Rukun Warga (RW) di Kelurahan Gajahan, Kecamatan Colomadu, Heru Tetuko yang dihubungi wartawan membenarkan perintah melaksanakan tirakatan pada malam tirakatan HUT Karanganyar.

“Tirakatan di tempat kami dilakukan dengan berbagai acara menarik, salah satunya adalah kirab tumpeng hasil bumi keliling kampung,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge