0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kerusakan Naskah Kuno, Pengelola Dipersilakan Ajukan Biaya Perawatan

Naskah Kuno (Dok. Timlo.net/Khalik)

Solo – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solo menyarankan pengelola Perpustakaan Masjid Agung Solo mengajukan dana hibah kepada pemerintah kota (Pemkot) setempat. Dana hibah itu untuk perawatan naskah kuno koleksi perpustakaan lantaran rusak tak terawat.

“Ini kan memang butuh pemeliharaan. Pengurus silakan mengajukan proposal, nanti kami upayakan dana hibah,” kata Wakil Ketua DPRD Solo, Umar Hasyim kepada wartawan di sela meninjau kondisi naskah kuno di Perpustakaan Masjid Agung Solo, Senin (17/10).

Menurut dia, pelestarian naskah kuno ikut menjadi tanggung jawab Pemkot, meskipun Perpustakaan Masjid Agung Solo tidak berada di bawahnya. Naskah kuno terkategori benda cagar budaya (BCB). Perawatannya diperlukan agar benda berharga itu tak semakin rusak dan bisa diselamatkan.

“Proposal itu bisa diajukan Maret 2015. Memang harus sedikit bersabar karena APBD 2015 sudah digedok. Kami upayakan dana hibah itu di APBD 2016. Proposalnya kan harus sudah masuk Maret 2015,” jelasnya.

Ketua Pengurus Masjid Agung Solo, Slamet Aby mengaku belum bisa menghitung kebutuhan anggaran untuk perawatan dan pemeliharaan naskah kuno.

“Belum tahu kebutuhan anggarannya. Nanti kami hitung dulu,” ujar dia.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge