0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akhir 2014, Rehab 7 Pasar Tradisional Wonogiri Kelar

Rehab Pasar Siderojo (Dok. Timlo.net/Tarmuji)

Wonogiri – Rehab dua pasar tradisional di Wonogiri menelan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Perdagangan senilai kurang lebih Rp 2,5 miliar. Ditargetkan, akhir 2014 ini proses pembangunan kelar dilakukan.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Disperindagkop UMKM Wonogiri, Agus Suprihatno, mengatakan pengerjaan proyek rehab dua pasar tradisional itu kini mencapai 60 persen. Dia optimistis rehab pasar rampung akhir tahun.

“Pengerjaan proyek dua pasar itu saat ini dikebut, soalnya akhir tahun harus sudah kelar,” ungkapnya saat ditemui wartawan, Senin (17/11).

Sedang perinciannya, anggaran untuk rehab Pasar Sidorejo Kecamatan Wonogiri senilai Rp 936 juta, sementara Pasar Purwantoro Kecamatan Purwantoro senilai Rp 1,6 miliar. Menurut dia, jumlah kios di Pasar Purwantoro sebanyak 181 kios. Sementara jumlah los sebanyak 853 unit.

Apabila rehab pasar rampung, jumlah kios atau los bertambah sekitar 30 kios/los. Sementara jumlah kios di Pasar Sidorejo hanya 15 kios. Pasar Sidorejo sendiri rencananya area parkir berada di dalam pasar, tidak seperti saat ini berderet di bahu jalan.

“Sesuai kontrak pengerjaan dua pasar ini 90 hari terhitung mulai Oktober-Desember,” jelas Agus Suprihatno.

Dikatakan, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri juga merehab lima pasar tradisional pada tahun ini. Kelima pasar tradisional itu, yakni Pasar Ngadirojo, Sidoharjo, Puhpelem, Wuryantoro dan Pracimantoro.

Anggaran rehab lima pasar senilai Rp 4,5 miliar berasal dari APBD 2014. Sedang jumlah pasar tradisional di Wonogiri sebanyak 28 pasar terletak di 23 kecamatan dan dua kecamatan lainnya hanya memiliki pasar desa, yakni Karangtengah dan Paranggupito.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge