0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karanganyar Siapkan Perpustakaan Digital

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Karanganyar (Dok. Timlo.net/Nanang Rahadian)

Karanganyar – Memasuki era teknologi informasi serba digital, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Karanganyar tengah mempersiapkan proyek sistem perpustakaan berbasis digital. Realisasi itu hanya tinggal menunggu kesiapan gedung representatif, sejalan rencana pembangunan gedung baru berada satu kompleks dengan Dinas Pendidikan dan Olahraga.

Menurut Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, Edy Yusworo, pihaknya sudah memiliki sumber daya dinilai mampu mengoptimalisasi sistem perpustakaan digital.

“Hanya tinggal gedung yang representatif saja. Kalau sudah ada, kami siap. Saat ini kami sudah memiliki tenaga pengarsip maupun pustakawan yang terampil untuk mendukung sistem digitalisasi,” ujarnya, saat ditemui wartawan, Senin (17/11).

Gedung baru itu rencananya didirikan di sebelah Barat kantor Dinas Pekerjaan Umum Karanganyar. Kawasan ini dinilai strategis untuk mendatangkan lebih banyak lagi pengunjung. Terlebih, gedung baru nantinya disediakan fasilitas penunjang macam hotspot berkoneksi tinggi.

“Lokasi saat ini memang kurang strategis untuk menarik minat pengunjung, sehingga berimbas pada penurunan jumlah pengunjung. Padahal kami menargetkan sebanyak 24 ribu pengunjung dalam setahun,” sebut Edy Yusworo.

Sejauh ini, perpustakaan memiliki koleksi sebanyak 14 ribu judul buku dilengkapi arsip naskah dan dokumentasi lama Kabupaten Karanganyar. Koleksi nantinya bertambah seiring penambahan e-book saat sistem digitalisasi nanti sudah berjalan.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge