0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

3 Sekolah di Sragen Masuk Nominasi Lomba Adiwiyata

Ilustrasi sekolah (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Tiga sekolah di Kabupaten Sragen masuk nominasi Lomba Adiwiyata tingkat nasional. Ketiga sekolah itu, yakni SMP Negeri 2 Sragen, SD Negeri 4 Sragen dan SD Negeri Sine 1 Sragen.

Kepala Bidang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Sragen, Lucas Gunawan menjelaskan, penilaian umum untuk masuk dalam nominasi Adiwiyata sekolah, antara lain kebijakan sekolah dengan kurikulum berkaitan lingkungan hidup, partisipasi dari unsur sekolah serta sarana dan prasarana. Selain itu keadaan fisik sekolah juga tidak kalah penting seperti penghijauan, komposter, pembuangan sampah, saluran drainase, green house dan kebersihan lingkungan sekolah.

Lucas menjelaskan, Adiwiyata merupakan salah satu program dari Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terwujudnya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Proses untuk menjadi nominasi Adiwiyata sekolah dimulai dengan penilaian tim Adiwiyata sekolah di Kabupaten Sragen. Kemudian dikirimkan ke provinsi dan setelah itu diserahkan ke tim evaluasi Adiwiyata sekolah di Kementerian Lingkungan Hidup.

“Pada awalnya Kabupaten Sragen mengirim sebelas sekolah dan akhirnya menjadi sepuluh sekolah yang memenuhi persyaratan Adiwiyata untuk dikirim ke tim evaluasi tingkat provinsi,” jelas Lucas.

Sementara beberapa sekolah mengikuti penilaian hingga tingkat provinsi, antara lain SMP Negeri 1 Sragen, SMA Negeri 2 Sragen dan SD Negeri 2 Sidoharjo.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge