0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hadapi Bencana 2/3 Anggota Polsek Disiapkan

Apel kesiapsiagaan bencana alam di halaman Polres Sukoharjo (Dok. timli.net/Putra)

Sukoharjo – Polres Sukoharjo menyiapkan dua pertiga kekuatan personil masing-masing Polsek guna menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam. Petugas difokuskan di wilayah aliran Sungai Bengawan Solo dan pegunungan.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Andy Rifai mengatakan, pihaknya menyiapkan dua pertiga anggota Polsek untuk siaga pada musim penghujan ini. Selain itu, dirinya juga memerintahkan Kapolsek untuk mengecek kondisi rawan bencana di wilayahnya.

“Kami akan siagakan dua pertiga kekuatan Polsek untuk stanby menghadapi bencana yang mungkin akan terjadi, terutama di wilayah aliran Sungai Bengawan Solo dan wilayah pegunungan,” ungkap Kapolres, usai menggelar apel kesiapsiagaan bencana alam di halaman Polres Sukoharjo, Senin (17/11).

Dijelaskan Kapolres, setiap Polsek dibekali perlengkapan untuk evakuasi seperti cangkul, skop, tali tambang, gergaji mesin dan perlengkapan obat-obatan. Tak hanya itu, jika jumlah personil dan perlengkapan dirasa kurang, nantinya ditambah dari Mapolres.

Sedangkan untuk anggota disiagakan dalam menghadapi bencana, diberikan pelatihan tentang tanggap darurat bencana. Mereka juga dibekali keterampilan untuk melakukan evakuasi korban dan penanganan korban.

Dalam penanganan bencana nantinya, Polres Sukoharjo tak berdiri sendiri, melainkan menjalin kerjasama dengan pihak BPBD, SAR, PMI dan semua unsur. Diharapkan dengan keterlibatan anggota Polri, penanganan bencana alam bisa dilakukan lebih maksimal.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge