0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Minat Baca Masyarakat Indonesia Jeblok

Rinto Subekti, Anggota DPR RI (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Untuk mencegah degradasi mental generasi muda Indonesia, khususnya terkait minat baca, semua unsur mayarakat dan para pegiat perpustakaan diharapkan mulai berbenah diri. Pasalnya, di Indonesia saat ini minat baca mengalami degradasi pada level terendah di antara bangsa-bangsa di dunia.

“Dari sebuah survei, minat baca masyarakat Indonesia terendah pada levelnya. Bayangkan saja, survei di 67 negara, Indonesia berada di posisi 62 pada minat baca,” ungkap Rinto Subekti, Anggota Komisi X DPR RI, saat menjadi nara sumber Roadshow Gemar Membaca yang dihelatArpusda Wonogiri dan Perpusnas RI, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Senin(17/11).

Menurut Rinto, di tingkat ASEAN, Indonesia juga jeblok, tertinggal jauh dengan Laos, dan hanya menempati ranking ke-5 dalam hal minat baca. “Ironisnya lagi, dewasa ini, aktivitas membaca buku atau koran kalah dengan menonton TV. Karena itu perlu dilakukan terobosan oleh para pegiat perpustakan untuk mengembalikan minat baca warga masyarakat, khususnya pelajar, di perpustakaan,” ungkap Rinto Subekti.

Dia juga menyebut 34,5 persen masyarakat Indonesia masih buta aksara. Berdasar hasil survei, 91,5 persen warga Indonesia nonton televisi,dan 17,9 persen gemar membaca.

“Postur anggaran dan kurang inovasinya dalam menjalankan tugas fungsi perpustakaan daerah menjadi pekerjaan rumah bersama,” katanya.

Sementara itu, perwakilan pustakawan Perpustakaan Nasional Sri Sumekar menandaskan, saat ini di Indonesia terdapat 77 ribu desa, sementara itu baru ada 500 perpustakaan desa, yang berada di pelabuhan atau di pesisir kampung nelayan baru ada 200 perpustakaan. Lalu,500 perpustakaan lainnya merupakan perpustakaan milik komunitas.

“Jumlah ini masih jauh dari cukup dan perlu dikembangkan inovasi berbasis teknologi informasi modern, agar minat baca dan belajar masyarakat terus berkembang,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge