0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Review Film Kung Fu Jungle

Kung Fu Jungle. (Dok: Timlo.net/ Google.)

Sutradara: Teddy Chan

Penulis naskah:Teddy Chan, Ho Leung Lau

Pemain: Donnie Yen, Charlie Young, Wang Baoqiang

Genre: Aksi, Thriller

Durasi: 100 menit

Timlo.net—Ahli kung fu yang dipenjara Ha Houmou (Donnie Yen) memperoleh berita bahwa salah seorang teman sesama atlit kung fu dibunuh. Dia membuat kesepakatan dengan inspektur polisi yang memimpin penyelidikan kasus itu Luk Yuen Sum (Charlie Young) bahwa jika dia membantu polisi wanita tersebut memecahkan kasus pembunuhan itu, dia bisa dibebaskan lebih awal. Dalam penyelidikan, mereka berjumpa dengan Fun Yu Sau (Wang Baoqiang) yang ingin berkuasa sebagai ahli kung fu nomor satu di Hong Kong.

Bagian yang menyenangkan saat melihat film ini adalah menghitung berapa banyak kameo yang bisa Anda kenali. Sutradara Teddy Chan tidak bercanda saat dalam sebuah konferensi pers dia berkata bahwa film ini adalah sebuah tribute untuk sinema aksi Hong Kong. Dia pasti berjuang keras untuk mengumpulkan nama-nama besar di dunia film aksi.

Mulai dari bintang kung fu veteran David Chiang hingga pendiri Golden Harvest Raymond Chow dan koreografer Tony Leung Siu-hung; mereka bermunculan di tempat-tempat yang paling mengejutkan. Hal inilah yang membuat latihan mengenali kameo di film ini terkesan menyenangkan.

Misalnya peran kecil petugas komunikasi dimainkan oleh sutradara Kirk Wong yang terkenal karena film Crime Story (1993), sementara peran kecil supir truk yang menyebalkan diperankan oleh ahli stunt mobil Bruce Law.

Detil-detil kecil di background mulai dari footage di layar TV yang kecil, adalah adegan film kung fu ikonik dari film Drunken Master yang dibintangi Jackie Chan. Bintang utama dalam film ini tentunya adalah Donnie Yen, yang sempat bermain di film yang juga disutradarai oleh Chan, Bodyguards and Assasins (2009).

Bahkan dalam usia 51 tahun, Yen masih tampil prima dalam adegan-adegan perkelahian. Dia juga menjadi koreografer dari beberapa adegan perkelahian di film, misalnya adegan di mana dia berkelahi dengan selusin pria tanpa terluka sedikit pun. Tapi adegan itu disajikan dengan cepat dan menghibur sehingga tidak mengecewakan.

Adegan perkelahian terbaik muncul di akhir film, yang terjadi di sebuah jalan tol di mana truk-truk besar lalu lalang. Situasi terasa mencekam saat para penonton melihat bagaimana dia berguling di antara truk-truk besar yang melaju kencang sementara dia berusaha untuk membunuh lawannya.

Dalam film ini, sebagian akting justru terlihat pada sang musuh Wang Baoqiang yang memerankan sosok gila yang haus darah. Yen sendiri hanya memiliki sedikit kesempatan untuk berakting. Wang yang menjalani latihan kung fu di Shaolin semasa kecil, terkenal sebagai aktor komedi (Lost in Thailand, 2012), tapi dalam film ini dia menyajikan drama dan aksi.

Sumber: The Sunday Times.

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge