0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemendagri Sebut Server e-KTP di Jakarta

Proses rekam data e-KTP (dok.timlo.net/nanang rahardian)

Timlo.net – Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dodi Riyatmadji membantah jika letak server penyimpanan data e-KTP berada di luar negeri. Ia memastikan mesin tersebut berada di Jakarta.

“Server yang di luar negeri itu enggak ada,” ujarnya, Senin (17/11).

Dodi menjelaskan, server database e-KTP saat ini disimpan di Gedung Kemendagri. Tetapi, dia enggan menyebutkan di bagian gedung mana server tersebut disimpan.

“Satu saja catatannya, server itu ada di Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara nomor 7, bisa dicek,” ungkap dia.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menginstruksikan agar pelayanan pengurusan e-KTP dihentikan sementara hingga Januari 2015 untuk evaluasi dan perbaikan.

“Kami minta dua bulan ini stop. Sistemnya harus dievaluasi, cek kembali, diamankan kembali. Nanti (Januari) akan diupdate kembali,” kata Tjahjo.

Penghentian sementara tersebut, menurut Tjahjo, didasari beberapa alasan kuat, di antaranya tidak adanya kejelasan acuan data kependudukan yang disebabkan masih adanya dua data base acuan E-KTP.

Selain itu, Tjahjo menilai selama ini keamanan data penduduk yang terekam E-KTP juga masih lemah. Sebab server basis data E-KTP seluruh penduduk Indonesia selama ini ternyata ada di luar negeri. [eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge