0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cara Menghitung Kalori yang Diperlukan Tubuh

Timbangan badan. (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Orang-orang yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan pastinya tahu bahwa kesuksesan mereka tergantung dari kebiasaan untuk melacak kalori yang mereka konsumsi. Panduan yang diberikan departemen kesehatan secara umum menawarkan jumlah kalori yang dibutuhkan. Misalnya, para wanita sendiri disarankan untuk mengkonsumsi antara 1800 hingga 2400 kalori tiap hari. Tapi panduan ini tidak dirancang khusus untuk kebutuhan masing-masing orang padahal kita memiliki usia dan level aktivitas yang berbeda.

Untuk menghitung jumlah kalori yang kita butuhkan, ada sebuah rumus sederhana yang digunakan para ahli nutrisi untuk para klien mereka, “Kalikan jumlah berat Anda dalam pound dengan angka 12 atau 15, 12 jika Anda tidak aktif atau sedikit aktif dan 15 jika Anda cukup atau sangat aktif setiap hari,” kata ahli nutrisi Kota New York Brittany Kohn, R.D. Satu pound setara dengan 0,4 kg. Berikutnya, masukkan faktor usia dalam penghitungan. Jika Anda di bawah 30, maka jumlah kalori yang Anda butuhkan sesuai dengan rumus di atas. Tapi jika Anda berusia antara 30-40 tahun, maka kurangi jumlah kalori dengan angka 200. Seiring pertambahan usia, metabolisme manusia melambat dan tubuh memerlukan lebih sedikit kalori untuk berfungsi.

Rumus:

Usia di bawah 30 tahun:

Tidak aktif (secara fisik): jumlah berat badan (dalam pound) x12 = kebutuhan kalori per hari

Aktif (secara fisik): jumlah berat badan (dalam pound) x 15= kebutuhan kalori per hari

Usia antara 30-40 tahun:

Tidak aktif (secara fisik): jumlah berat badan (dalam pound) x12-200 = kebutuhan kalori per hari

Aktif (secara fisik): jumlah berat badan (dalam pound) x 15-200= kebutuhan kalori per hari

Menurunkan berat badan: kebutuhan kalori per hari- 500= kebutuhan kalori untuk diet

Menambah berat badan: kebutuhan kalori per hari+ (250) atau (500) = kebutuhan kalori untuk menambah berat badan.

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, kurangi angka kebutuhan kalori itu dengan angka 500. Mengkonsumsi 500 kalori lebih sedikit per hari, maka Anda mengalami defisit kalori hingga 3500 kalori per minggu, yang setara dengan penurunan berat 0,4 kg per minggu, kata Kohn. Menurunkan berat badan sebesar 0,4 kg per minggu adalah cara yang aman karena tidak membuat tubuh kekurangan nutrisi penting. Bila Anda merasa susah untuk memangkas 500 kalori per hari dari makanan yang Anda makan, Anda bisa berolahraga untuk mengurangi kalori.

Jika Anda ingin menambah berat badan, tambahkan 250 kalori atau 500 kalori per hari dari makanan sehat. Setiap satu atau dua minggu, Anda akan menambah bobot 0,4 kg dengan aman. Dan ingat sekalipun melacak kalori yang dikonsumsi bisa menolong proses diet, tapi jangan terobsesi dengan angka-angka ini.

Sumber: Women’s Health.

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge