0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Talut Jebol Timpa Rumah dan Mobil

Talut Ambrol. (Dok.Timlo.net/ Nanin)

Karanganyar – Bencana alam tanah longsor kembali terjadi di wilayah Kabupaten Karanganyar. Kali ini tembok penahan talut sepanjang 20 meter berada di tengah permukiman warga RT 003 RW 004 Keprabon, Karangpandan jebol, Sabtu (15/11). Meski tak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Diduga tembok penyangga tanah setinggi lima meter itu tak mampu menahan tanah uruk tersiram air hujan. Longsoran tanah dan material talut itupun menimpa bangunan garasi milik warga.

Menurut Ari Joko Purnomo, pemilik rumah, kejadiannya sangat cepat. Dirinya dikejutkan suara keras dari samping garasinya.

“Kebetulan waktu itu saya sedang berada di garasi, di samping truk. Suaranya sangat keras, tapi saya tidak tahu kalau tembok jebol,” ungkapnya.

Saat itulah dia menyadari talut di samping rumahnya jebol. Ari menceritakan talut itu memang sengaja dibangun dirinya. Tembok talut dibangun di antara bukit telah digali dan rumah milik Ari. Rongga antara tembok dan bukit lalu diisi tanah uruk.

“Talut itu memang yang bangun saya untuk menahan agar tidak longsor. Menurut tukang yang mengerjakan konstruksi itu sudah kuat, tapi kenyataannya jebol juga ” tutur dia

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Aji Pratama Heru, mengatakan tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Menurutnya, evakuasi bencana telah dilakukan dan tidak mengalami kendala. Bahkan warga sekitar melakukan gotong-royong membersihkan sisa longsoran.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge