0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lonjakan Harga Cabai karena Distribusi Tak Efektif

Pedagang cabai (dok.timlo.net/rori)

Timlo.net – Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengakui terdapat faktor distribusi tak efisien menyebabkan terjadinya lonjakan harga sembako, terutama cabai. Selain itu, menurutnya faktor infrastruktur belum memadai juga menjadi penyebab lonjakan harga.

“Secara umum sebetulnya memang masalah stabilitas harga itu bergantung sekali dengan cuaca atau iklim. Soal distribusi di sini memang seperti apa yang saya bilang terjadi inefisiensi karena faktor infrastruktur,” katanya di kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) Jakarta, Minggu (16/11).

Menurut Rachmat, ke depan dirinya berencana mengidentifikasi jalur perdagangan lebih efektif dan efisien, sehingga bisa menekan biaya distribusi. Dengan demikian, menurutnya stabilitas harga lebih terjamin.
“K ami akan mengidentifikasi jalur logistik yang efisien,” katanya.

Selain itu, menurutnya guna mengatasi lonjakan dan instabilitas harga, ke depan dioptimalkan sistem perdagangan antarpulau dengan mengoptimalkan distribusi daerah surplus ke daerah lain.

“Kami juga meningkatkan perdagangan antarpulau dari daerah surplus ke daerah lain dengan mengupayakan baik itu BUMD ataupun Bulog,” katanya. [bal]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge