0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Walikota Rudy Minta KAI Gratiskan Tarif Sewa Pasar

Pembongkaran kios PKL di kawasan Stasiun Jebres, Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Walikota Solo Hadi Rudyatmo (Rudy) berharap PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggratiskan tarif sewa tiga pasar berdiri di tanah perseroan setempat. Alasannya, pemerintah kota (Pemkot) telah mengamankan aset PT KAI itu selama bertahun-tahun dan juga untuk menyelamatkan nasib pedagang pasar tradisional.

Ketiga pasar dimaksud, yakni Pasar Jebres, Pasar Sidomulyo (Balapan) dan Pasar Sangkrah. PT KAI meminta Pemkot membayar sewa sebesar Rp 640 juta.

“Harapannya ya gratis. Kita kan pedagangnya ribuan,” kata Rudy kepada wartawan di area car free day (CFD) Jl Slamet Riyadi, Minggu (16/10).

Menurut Rudy, beberapa hari lalu dirinya telah bertemu Direktur PT KAI. Dalam kesempatan itu, PT KAI berjanji memberikan tarif sosial, namun besarannya masih dalam kajian.

“Tarif sosial itu seperti apa, saya belum tahu, tetapi tidak akan saya bayar (sewa) sebelum ada (tarif sosial) itu. Kan juga nggak ada batasan paling lambat (bayarnya). Kita kan ingin menyelamatkan pedagang pasar tradisional, itu saja,” jelasnya.

Ditambahkan, jika harus membayar sewa Rp 640 juta, sementara pendapatan retribusi pasar hanya seratus juta lebih, hal itu jelas tidak seimbang.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge