0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tangki Minyak Bocor, Sungai di Dumai Tercemar

Tangki bocor di Dumai (merdeka.com)

Timlo.net – Sebanyak enam unit tangki timbun milik PT Inti Benua Perkasa (IBP) di Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sei Sembilan Dumai bocor. Diduga kebocoran terjadi lantaran ambruknya salah satu pondasi tangki tidak kokoh, sehingga merembet ke tangki lainnya.

Akibat bocornya tangki, sungai berada di daerah itu tercemar 6000 ton crude palm oil (CPO). Ribuan ikan terancam mati atas kejadian ini.

Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo, mengatakan tangki mulai bocor pada Minggu (16/11) dini hari sekira pukul 00.30 WIB.

“Dari enam unit tangki itu, dua unit berisi muatan minyak PKO atau crude palm oil yang akan diolah menjadi minyak goreng seberat 3000 ton dalam satu tangkinya, sedangkan empat unit tangki lainnya dalam kondisi kosong,” katanya, Minggu (16/11).

Akibat kejadian itu, kata AKBP Guntur Aryo Tejo, minyak serta air tumpah dan mengalir ke aliran anak sungai di sekitar areal perusahaan dan lingkungan masyarakat setempat.

Sementara pihak perusahaan telah melakukan pembendungan kanal agar tidak mengalir ke laut dengan cara memasang safety oil boom milik PT Pelindo Dumai.

“Tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian tersebut, kerugian materi belum dapat ditaksir,” jelasnya. [has]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge