0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indonesia Importir BBM Terbesar di Dunia

Pelayanan pembelian BBM di SPBU (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) Indonesia sangat tinggi mencapai 1,8 juta barel perhari. Sedangkan, produksi minyak dalam negeri hanya mencapai 800 ribu barel perhari. Atas dasar itu, Indonesia harus impor minyak 1 juta barel perhari, sebanyak 700 ribu di antaranya adalah BBM. Ini membuat Indonesia menjadi importir BBM terbesar di dunia.

Gasoline dan solar, kita jadi impor nomor dua di dunia. Solar kita langsung impor dari Meksiko. Jika dirata-rata kan, kita jadi importir terbesar di dunia sebesar 700 ribu barel perhari,” ujar Sudiman dalam konferensi persnya di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Minggu (16/11).

Menurut dia, predikat itu sangat mencemaskan negara Indonesia. Apalagi, kata dia, saat ini pemerintah sedang fokus dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Ini jadi sesuatu yang agak mencemaskan, apalagi kita lagi songsong pertumbuhan ekonomi,” kata dia.

Sudirman menegaskan Indonesia memiliki harapan di gas bumi dengan cadangan besar. Namun, kata dia, pengembangan infrastruktur gas agak lambat menjadikan konsumsi BBM sebagai alternatif.

“Ini menyebabkan posisi kedaulatan energi makin berat. Malah ada beberapa referensi yang bilang kita diambang krisis energi,” pungkas Sudirman Said. [yud]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge