0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Kecewa Anggaran Pilkada, Ini Tanggapan Rudy

Penghitungan suara saat Pilkada (Dok.Timlo.net/ Nanang Rahadian)

Solo – Kekecewaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap besaran anggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo dialokasikan dalam APBD 2015 terus berlanjut. Beredar kabar, KPU berencana menyerahkan penyelenggaraan Pilkada ke pemerintah kota (Pemkot). Ditanya tentang sikap KPU, Walikota Solo Hadi Rudyatmo menyatakan tidak masalah jika KPU menyerahkan penyelenggaran Pilkada ke Pemkot.

“Mau menyerahkan? Ya silakan saja, nggak masalah. Nggak Pilkada yo beneran,” kata Rudy, sapaan walikota kepada wartawan, Minggu (16/10).

Menurut Rudy, KPU seharusnya tak perlu bersikap berlebihan dengan alokasi anggaran Pilkada sudah dialokasikan. Jika nantinya kurang, Rudy memastikan kekurangan anggaran dialokasikan di APBD Perubahan 2015.

“Pelaksanaannya (Pilkada) kan masih September tho, kan masih ada pembahasan anggaran perubahan. Kalau ada kekurangan, ya itu akan dimasukkan APBD Perubahan. Kalau menurut saya, KPU nggak usah berlebihan,” jelasnya.

Lebih jauh, Rudy berharap jika nantinya Pilkada digelar serentak, pemerintah pusat bisa ikut terlibat dalam pembiayaan Pilkada.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo, mengatakan KPU membantah berencana menyerahkan pelaksanaan Pilkada ke Pemkot. Saat ini, KPU masih menagih komitmen Pemkot untuk mencukupi anggaran Pilkada.

“Kami masih akan berkomunikasi dengan pihak Pemkot tentang anggaran Pilkada yang masih kurang. Senin (17/10) besok, kami akan komunikasi dengan Kabag Pemerintahan karena dulu kami mengajukan untuk dua putaran,” jelasnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge