0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sensasi Masakan Jamur Polokarto Getarkan Lidah

Warung jamur (Dok. Timlo.net/Putra)

Sukoharjo – Melimpahnya hasil panen jamur di Desa Polokarto, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo menimbulkan ide kreatif seorang perempuan di desa setempat. Jamur jika biasanya dijual dalam keadaan mentah itu dibuat menjadi aneka masakan memanjakan lidah.

Pemilik warung Baiti Aneka Jamur Polokarto, Wartini mengatakan, menu masakan jamur di warungnya baru dibuka delapan bulan lalu sudah cukup banyak. Mulai dari bakso jamur, rendang jamur, pepes jamur, soto jamur, gulai jamur, oseng jamur, semur jamur dan garangasem jamur.

“Banyak menu masakan jamur yang sudah saya buat dan alhamdulillah yang makan di warung setiap bulannya bertambah semakin banyak. Rata-rata mereka puas dengan masakan jamur saya, hari ini saja tadi sudah terjual 70 mangkuk bakso jamur kuping,” ujarnya, Minggu (16/11).

Dijelaskan Wartini, tidak hanya makanan, perempuan paruh baya ini juga membuat minuman es cendol jamur. Di warung terbuat dari papan dan bilah bambu ini, mayoritas menu disajikan berbahan baku jamur kuping dan jamur tiram. Harganyapun tergolong murah jika dibandingkan dengan sensasi rasa ditawarkan. Setiap porsi rata-rata dijual dengan harga Rp 8000 sudah termasuk minuman.

Sejak kali pertama dibuka sekitar delapan bulan lalu, setiap bulannya jumlah pengunjung terus bertambah. Rata-rata setiap hari 50 mangkuk bakso habis terjual, itupun belum termasuk masakan lainnya.

Tidak hanya melayani pengunjung datang, warung sederhana ini juga banyak menerima pesanan dari luar Kecamatan Polokarto. Bahkan paling banyak justru pesanan dari Karanganyar, biasanya digunakan untuk menu makanan anak-anak.

“Paling banyak justru pesanan dari sekolah-sekolah di sekitar Polokarto dan juga Karanganyar, biasanya digunakan untuk menu makanan anak-anak,” tandas perempuan sebelumnya lama menetap di Serang, Banten ini.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Joko Mulyadi baru kali pertama merasakan masakan jamur ini mengatakan, rasa jamur dalam masakan rendang jamur disantapnya mengalahkan rasa daging sapi. Tak hanya itu, rasa bakso jamur kupingnya juga terasa lebih segar dan lembut di lidah.

“Dari yang saya pesan kali ini, rendang jamur dan bakso jamur, semuanya sangat enak dan lebih segar dan nikmat dari daging sapi yang biasanya digunakan untuk dua jenis masakan ini,” tegasnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge