0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Solo Canangkan Hari Kompetensi

Walikota Solo Hadi Rudyatmo canangkan Hari Kompetensi Nasional (HKN) di kawasan car free day (CFD) Jl Slamet Riyadi, Minggu (16/10) (Dok. Timlo.net/Daryono)

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menjadi pemrakarsa pencanangan Hari Kompetensi Nasional (HKN) 12 November 2014 di wilayah Soloraya. Pencanangan HKN itu diharapkan dapat diikuti pemerintah pusat.

Pencanangan HKN dilakukan Walikota Solo Hadi Rudyatmo di kawasan car free day (CFD) Jl Slamet Riyadi, Minggu (16/10). Rudy, sapaan akrab walikota menandatangani sertifikat pencanangan HKN. Dalam kesempatan itu, ratusan pegiat institusi pendidikan nonformal (PNF) juga melakukan gerak jalan usai bersama-sama menyaksikan pencanangan HKN.

“Untuk mendukung pencanangan Hari Kompetensi ini harapan saya bisa diikuti bupati di wilayah Soloraya. Mudah-mudahan suara ini bisa didengar Presiden RI (Joko Widodo) yang berasal dari Solo,” kata Rudy

Menurut dia, kompetensi sangat penting untuk menyambut datangnya generasi emas 2045. Pihaknya berharap pemerintah pusat tidak memandang sebelah mata terhadap pencanangan Hari Kompetensi Nasional.

Di sisi lain, tambah Rudy, PNF sebagai institusi pendidikan nonformal memiliki peran penting dalam mengatasi pengangguran. PNF nyata-nyata telah memberikan kontribusi besar terhadap pemerintah.

“Dengan kompetensi-kompetensi yang diberikan di luar sekolah (oleh PNF), pemerintah pusat jangan memandang sebelah mata,” ungkap dia.

Sementara ketua panitia, Kristanto Joko Susilo, mengatakan pencanangan Hari Kompetensi Nasional oleh Pemkot Solo diharapkan bisa menjadi pioner pencanangan HKN secara internasional. Pencanangan HKN juga untuk menyambut datangnya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

“Kami warga pendidikan nonformal mendorong masyarakat siap untuk menghadapi MEA,” ungkapnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge