0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jukir Solo Dibekali Pengetahuan Perda

juru parkir di Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) kota Solo memberikan bimbingan teknis (bintek) bagi ratusan pengelola parkir dan Juru Parkir (Jukir) di Kota Solo, Sabtu (15/11) siang. Bertempat di Pendapi Gede Balaikota Solo, ratusan jukir tersebut mendapatkan berbagai pelatihan dan pengenalan tentang perda perparkiran.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perparkiran Dishubkominfo Solo, Anindito Prayogo mengungkapkan, bintek ini dilaksanakan untuk membekali para jukir dengan kemampuan tentang peraturan daerah yang ada.

“Ada beberapa peraturan daerah yang harus diketahui oleh jukir ini, permasalahan yang terjadi di lapangan biasanya terkait dengan petugas parkir yang tidak menggunakan karcis sebagai tanda bukti, kemudian juga penarikan retribusi yang melebihi peraturan daerah, serta banyak juga jukir yang mengarahkan kendaraan di daerah larangan parkir,” paparnya.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, dalam perturan daerah ada sanksi yang mengikat baik itu sanksi berupa administratif maupun sanksi yang terkait dengan pidana. Pengelolaan parkir ditempat tanpa izin dari walikota, pemungutan tarif retribusi parkir tidak sesusai dengan terifnya, dan parkir yang dilakukan oleh oknum yang bukan merupakan jukir, adalah
beberapa hal yang bisa dikenai sanksi hukum.

“Kalau untuk sanksi administratif lebih banyak pada pengelola parkir yang mempekerjakan jukir yang kurang cakap dan sembarangan. Selain itu kepada juru parkir juga bisa dikenakan sanksi administratif jika melakukan pelanggaran seperti tidak memakai seragam parkir dan KTA parkir, juga jika tidak menata kendaraan dengan tertib dan rapi sesuai pola parkir yang ditetapkan,” ungkapnya.

Selain sosialisasi tentang peraturan yang ditetapkan UPTD Perparkiran, Jukir juga mendapatkan pelatihan lain seperti pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan, pelatihan pengaturan lalu lintas, baris berbaris, dan pengetahuan rambu-rambu lalulintas.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge