0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ancam Rumah Warga, Tanggul Jotangan Diperbaiki

Perbaikan tanggul di desa Jotangan, Bayat (dok.timlo.net/tyo eka)

Klaten —  Berada di bibir sungai Kali Dengkeng, sebuah rumah milik Sri Haryanti (45) warga Sutan, Jotangan, Bayat, terancam longsor. Pasalnya setiap kali musim hujan, tanggul pelindung Kali Dengkeng sedikit demi sedikit tergerus luapan air sungai.

“Kalau sudah musim hujan, Kali Dengkeng selalu meluap. Hal itu membuat keluarga kami khawatir. Lantaran posisi rumah ini persis berada di bantaran sungai sehingga lama kelamaan rumah kami bisa hanyut,” ujar Sri Haryanti, Jumat (14/11).

Untuk menghindari ancaman itu, Sri Haryanti mengungkapkan, tahun lalu ia mengungsi di rumah saudaranya. Sedangkan rumah mertuanya yang telah meninggal, saat itu ikut hanyut dan longsor terbawa arus Kali Dengkeng.

“Kediaman mertua saya terletak di belakang rumah ini. Tapi sudah hanyut terbawa banjir,” ungkapnya, disela-sela kedatangan aparatur Kecamatan Bayat di rumahnya.

Mengetahui ancaman itu, Camat Bayat Edi Purnomo telah berkoordinasi dengan pemerintah Desa Jotangan untuk perbaikan tanggul. Bantuan berupa bronjong kawat, batu dan karung plastik diisi pasir dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten telah dikerjakan. Kendati demikian, Pemdes Jotangan untuk sementara waktu menanggung seluruh biayanya.

“Rumah Sri Haryanti ini memang cukup memprihatinkan, sehingga langkah perbaikan tanggul telah dilakukan. Untuk dananya sendiri nanti akan diganti oleh BPBD Klaten, sembari menunggu proses pencairan dana. Prinsipnya segera ditangani dulu,” kata Edi Purnomo, saat meninjau lokasi itu, Jumat (14/11).

Guna mempercepat perbaikan tanggul, Edi menambahkan, tidak hanya warga setempat yang bergotong royong, tapi relawan bersama petugas dari kepolisian dan TNI juga akan dilibatkan. Pasalnya hujan semakin sering mengguyur wilayah tersebut.

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak lainnya. Supaya pembuatan tanggul ini tidak kalah cepat dengan meluapnya aliran Kali Dengkeng,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge