0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Pokoh Belum Diperbaiki

Jembatan Pokoh lama (kanan) (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Seiring mulai padatnya lalulintas di Wonogiri, Pemkab setempat mengusulkan kepada Pemprov Jateng untuk kembali memanfaatkan jembatan lama Pokoh. Saat ini, jembatan Pokoh yang baru kondisinya perlu pembenahan.

Jembatan dengan panjang sekitar 25 meter itu melintang di atas sungai Bengawan Solo dan merupakan jalur utama Wonogiri-Ponorogo, Pantauan Timlo.net, jembatan  tersebut mengalami kerusakan dan tak terpakai lagi hampir puluhan tahun. Kondisi jembatan sudah kian parah, badan jembatan mulai jebol.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun Timlo.net dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri, perbaikan jembatan tersebut merupakan kewenangan Pemprov. Pemkab Wonogiri sifatnya hanya pengajuan.

“Rencana pembangunan jembatan lama Pokoh saat ini baru dalam tahap pengajuan DED,” ungkap Kepala DPU Wonogiri Sri Kuncoro saat dihubungi wartawan, Sabtu (15/11).

Dikatakan, proses selanjutnya dalam tahapan pembangunan jembatan Pokoh lama dan dimungkinkan kelar serta dapat dimanfaatkan pada tahun 2017 mendatang.

“Prosesnya masih panjang, diketahui tahun ini baru tahap pengajuan DED, tahun 2015 memasuki tahapan pembebasan lahan. Kemudian tahun 2016 baru tahap pelaksanaan, lalu di 2017 baru dapat dimanfaatkan. Selanjutnya pembenahan jembatan sebelah yang saat ini kita pakai,” katanya.

Ditambahkan, Pemkab Wonogiri dalam pembangunan jembatan Pokoh tidak mempunyai kewenangan. “Semua dari propinsi, kita hanya tinggal melaksanakan dan menerima, jadi tinggal terima bersih,” kilahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge