0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Lereng Gunung Kelud Konsumsi Air Belerang

Air Belerang ()

Timlo.net – Warga desa lereng Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur terpaksa mengonsumsi air mengandung belerang dan pospat untuk keperluan sehari-hari. Hal ini disebabkan sumber air terkontaminasi material vulkanik terbawa hujan dari puncak gunung. Warga berharap pemerintah sudi membagi air layak konsumsi untuk keperluan memasak dan air minum.

Memasuki musim penghujan di kawasan lereng Gunung Kelud membuat air biasa dikonsumsi warga berubah menjadi kecoklatan. Seperti terlihat di bak penampungan air di Dusun Laharpang Desa Puncu, air terlihat kotor dan berbau belerang, meski tidak menyengat. Padahal di dalam bak penampungan telah dilengkapi proses penjernihan, namun air tetap keruh.

Air di bak penampungan ini diperoleh dari beberapa mata air serta sodetan dari Sungai Sarinjing berhulu di kawasan lereng Gunung Kelud. Pascaerupsi Februari 2014 lalu banyak material vulkanik terbawa aliran sungai serta menutupi mata air.

Warga secara swadaya telah melakukan pembersihan bak penampungan dari material vulkanik terbawa aliran air, namun upaya itu tidak membuahkan hasil. Dari bak penampungan ini air didistribusikan ke puluhan desa di dua kecamatan, yakni Puncu dan Kepung.

Menurut peneliti Konsorsium Pengurangan Risiko Bencana Nasional (KPRBN) Prof A Kosasih, air keruh berasal dari lereng Kelud mengandung belerang dan pospat dalam kadar tinggi.

“Bila dikonsumsi sebagai air minum dalam jangka lama dapat mengendap di saluran kemih, sehingga menimbulkan penyakit. Kami merekomendasikan dibangun water treatment sebelum digunakan keperluan sehari-hari,” katanya, Jumat (14/11).

Sementara itu, Suparmi (45), warga lereng Kelud di Desa Puncu mengaku terpaksa menggunakan air keruh untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak dan air minum. Meski mengetahui air itu berbahaya, warga mengaku tidak memiliki pilihan lain karena pemerintah daerah tidak lagi mendistribusikan air bersih. [hhw]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge