0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menteri Susi Disebut Beli Pulau dari Almarhum Jamal

Susi Pudjiastuti (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Polemik soal kepemilikan Pulau Sevelak di Kabupaten Simeulu masih terjadi. Hal ini lantaran ada kabar menyebut jika pulau itu sudah dibeli oleh seorang pengusaha udang lobster, kini menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiasuti.

Mantan Kepala Desa Salur, Kecamatan Teupah Barat, Sumardi, mengaku jika pulau itu memang telah dibeli Susi dari seorang warga bernama Jamal. Karena dia larang, proses penjualannya tetap terus berlanjut tanpa sepengetahuan perangkat desa.

Sumardi pada merdeka.com mengatakan, dia pernah melarang rencana penjualan pulau pada pemiliknya almarhum Jamal. Namun tanpa sepengetahuannya, pulau itu akhirnya dijual kepada Susi Pudjiasuti saat ini masuk dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK.

“Pernah Saya melarang, tapi tiba-tiba itu Pulau Sevelak sudah jadi milik Ibu Susi. Saya pun tidak pernah membuat surat sehelaipun terkait penjualan pulau itu dan saya sendiri tidak tahu kapan pulau itu dijual,” kata Sumardi pada merdeka.com, Jumat (14/11).

Proses penjualan Pulau Sevelak, kata dia, sudah mengangkangi administrasi di desa. Almarhum Jamal, katanya, diduga langsung mengurus surat-menyurat ke tingkat kecamatan dan juga tingkat kabupaten. Sehingga dulunya pulau itu hanya status pemilik area, kini sudah menjadi milik Susi Pudjiasuti.

“Bahkan warga Desa Salur sekarang sudah enggan datang ke pulau itu karena telah beralih kepemilikannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Salur, Arifudin saat diminta tanggapan mengaku juga tidak mengetahui kalau pulau itu sudah dibeli Susi Pudjiasuti. Termasuk status kepemilikan tanah itu, dia mengaku belum mengetahuinya.

“Saya tidak tahu sampai sekarang status pulau itu, apa sewa, telah dijual atau dikontrakkan,” jelasnya.

Arifudin juga mengaku jual beli pulau itu tidak sepengetahuan perangkat desa setempat. Bahkan dirinya menuding ini ada kongkalikong antara Susi Pudjiasuti, kecamatan dan juga tingkat kabupaten untuk memuluskan jual beli pulau itu.

“Sama kita tidak ada berkas apapun status bahwa pulau itu sudah jadi milik Ibu Susi,” tutupnya. [hhw]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge