0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indonesia Ingin Jalur Aceh-Bali Jadi Asian Highway

Perbaikan jalan di Pantura (merdeka.com)

Timlo.net – Negara-negara di Benua Asia kompak meniru Eropa dan Amerika agar selalu terhubung guna memajukan satu sama lain. Ditargetkan, 141 ribu kilometer jalan di Asia dan Australia bakal dimaksimalkan.

President Road Engineering Association of Asia and Australasia (REAAA), Hermanto Dardak menyebut, proyek itu dinamakan Asia Highway (AH), diikuti 32 negara di Asia. Total panjang jalan itu dibagi dua bagian, rute Tokyo-Istanbul sebagai AH 1 dan Denpasar-Iran sebagai AH 2.

Sejauh ini Indonesia ditargetkan bakal memaksimalkan jalan dari Denpasar, Bali sampai Aceh.

“Total jalan itu (melintang) sepanjang sekitar 3500 kilometer,” kata Hermanto di Jakarta, Jumat (14/11).

Jalur pantai Utara Jawa (Pantura) merupakan bagian AH 2. Nantinya bakal ada rambu jalan bertuliskan AH 2 di sekitar jalan itu. Pendanaannya dibebankan pada negara masing-masing.

“Pantura nanti jadi Asian Highway dan kita jamin standar AH,” tegasnya.

Kepala Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-Pera), Waskito Pandu menegaskan, guna pembahasan mendalam terkait Asia Highway, Indonesia bakal menggelar kongres International Road Federation (IRF) pertama di Nusa Dua, Bali. Rencananya, kegiatan itu dilakukan pada 17 hingga 19 November 2014. Pertemuan itu diikuti 600 ahli dan profesional dari 40 negara. [arr]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge